Foto : Ungkap kasus yang dilakukan Polres Malang Kota (ist)

BACAMALANG.COM – Polres Malang Kota berhasil mengamankan 44 kendaraan dari 8 pelaku sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dibekuk. Dalam menjalankan aksinya, para pelaku ini saling berbagi peran.

“Mereka beraksi secara berkelompok. Ada tugas-tugas yang dibagikan. Mulai dari mengawasi TKP, sampai dengan eksekutor atau pelaku yang mencuri motor korban, kata Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander, Senin (16/9/2019) sore.

Lanjut dia, para tersangka mengaku sudah beberapa kali menjalankan aksinya di wilayah Kota Malang. Seperti yang dilakukan tersangka berinisial S (pelaku) dan L (penadah).

“Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang ingin kepolisian bergerak cepat menangani kasus kejahatan. Sehingga kami tindaklanjuti dengan sasaran 3C (curat, curas dan curanmor) yang berlangsung mulai 29 Agustus-16 September 2019,” terangnya.

Foto : 44 Kendaraan yang diamankan (ist)

Menurut Kapolres yang belum sebulan menjabat ini, peran serta masyarakat diperlukan untuk pengungkapan kejahatan. “Keberhasilan ini juga hasil kerja sama dengan masyarakat yang memberikan informasi,” tandasnya.

Ia menambahkan, Forkopimda di Kota Malang juga telah berkomitmen untuk memberantas kasus kejahatan dengan melakukan berbagai langkah.

“Ada dua langkah yang dilakukan, pertama preventif dengan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan kunci ganda untuk mencegah terjadinya curanmor. Langkah kedua yakni represif dengan mengungkap semua pelaku kejahatan,” jelasnya.

Foto : Forkopimda jadi saksi keberhasilan Polres Malang Kota (ist)

Pewarta : Prayoga