Foto : Wisata Sumber Sira (ist)

BACAMALANG.COM – Kawasan Kabupaten Malang kaya akan obyek wisata berupa sumber air dan pemandian.

Salah satu obyek wisata yang sayang dilewatkan dan layak dicoba adalah Wisata Sumber Sira di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang ini.

Pemandangan di obyek wisata Sumbersira di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi semakin tampak indah dan cantik. 

Sejalan dengan visi madep manteb manetep yang fokus dalam pengembangan pariwisata, maka dilakukan penambahan sarana, fasilitas, dan aksesoris pada obyek wisata andalan ikon baru kabupaten Malang ini . 

Sumber Sira adalah wisata sumber air jernih di Kabupaten Malang. Untuk masuk ke lokasi, cukup bawa uang Rp 5 ribu saja; Rp 2 ribu untuk parkir dan Rp 3 ribu untuk tiket masujk. Sangat murah kan?

Sumber Sira ,sudah cukup bagus. Sebab, sumbernya dirawat, ikan-ikan kecil masih banyak yang hidup dengan baik, udaranya sejuk dan pepohonan di samping sumber masih banyak yang tumbuh.

Di samping sumber, ada gazebo-gazebo untuk nongkrong. Bisa juga untuk pos naruh barang jika ke sana dengan rombongan banyak orang.

Kalau lapar atau sekedar ingin makanan ringan, di sana juga ada tempat tersendiri buat penjual makanan, snack dan minuman.

Bahkan, juga ada penjual kaos dan celana, jika tidak pakai baju ganti buat renang di sumber.

Beberapa sentuhan baru meliputi pembuatan saluran air baru, tambahan pernak pernik hiasan, tangga menuju kolam air, serta branding berupa tulisan raksasa Sumbersira untuk spot selfi dan welfi. 

Dari pantauan, terlihat pengunjung didominasi oleh anak-anak usia sekolah mulai SD sampai SMA memadati obyek wisata yang menawarkan eksotika alami pemandian air segar tersebut. 

Pengunjung dari kalangan anak muda, tampak berenang menggunakan ban karet besar.

Mereka juga menyelam hingga ke dasar kolam pemandian, serta asyik berfoto bersama.

Syamsuni salah satu perangkat desa mengatakan, Wisata Sumber Sira (WSR) masih mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu tujuan wisata unggulan (favorit) di Kabupaten Malang.

WSR menawarkan kejernihan air dan spot foto dalam air yang khas dan beda.

WSR masih menjadi daya tarik semakin hari banyak dikunjungi wisatawan lokal, luar Malang dan bahkan wisatawan mancanegara.

Jumlah pengunjung saat weekend mencapai 700 – 1.000 orang.

” Saya mengharapkan pengelolaan WSR semakin ditingkatkan sehingga bisa meningkatkan pengunjung yang datang, Diharapkan nantinya bisa meningkatkan PAD ( Pendapatan Asli Desa ) sehingga bisa meningkatkan pendapatan warga,” tukas pria yang juga menjadi Kaur Umum Desa Putukrejo tersebut.

Ayo kemana Anda akan mengisi kegiatan di akhir Minggu nanti ? Berwisata di Sumber Sira layak dicoba.

Pewarta : Had Tris