Foto : Ilustrasi (tirto)

BACAMALANG.COM – Pada beberapa kawasan di Kabupaten Malang mengalami kekeringan dan berdampak pada kurangnya pasokan air bersih.

Ribuan warga terdampak terkadang hingga sekarang masih belum tahu cara-cara untuk mengatasi persoalan tersebut.

Berikut cara-cara bagi warga Kabupaten Malang, yang ingin meminta bantuan pasokan air bersih.

Seperti diketahui, Kabupaten Malang tak luput dari dampak musim kemarau. Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Malang mencatat ada 7 daerah yang punya potensi langganan kekeringan.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang merangkul CSR perusahaan di Kabupaten Malang untuk bekerjasama memberi bantuan fasilitas air bersih

Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi menjelaskan, untuk antisipasi kekeringan pihaknya telah menyiagakan 10 unit truk tanki air.

Kendaraan tersebut bersiaga untuk mengirimkan air keseluruh wilayah Kabupaten Malang yang mengalami kekeringan.

Sanusi juga mempersilakan kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Malang yang membutuhkan sumur bor untuk mengajukan pada pemerintah desanya supaya diteruskan kepada Pemkab Malang.

“Bantuan CSR pihak swasta kami terima. Sementara yang sudah pasti selama ini seperti PT Pindad, PG Kebonagung, PG Krebet, dan seperti yang sekarang ini bantuan sumur bor dari PT Bentoel untuk masyarakat Dusun Mindi di Desa Jabung,” ujar Sanusi.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan kepada awak media beberapa waktu lalu mengatakan, beberapa wilayah terdampak meliput Kecamatan Kalipare, Donomulyo, Jabung, Singosari, Lawang, Sumberpucung dan Sumbermanjing Wetan (Sumawe).

Tak ketinggalan, Polres Malang juga berusaha beri kontribusi menanggulangi bencana kekeringan.
Diantaranya, dengan membagikan pasokan air bersih kepada warga yang terdampak.

”Memasuki musim kemarau, kami rutin bagikan pasokan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan. Kali ini, petugas kami turut membantu  memasok air bersih ke kawasan kekeringan yang ada di Kecamatan Donomulyo,” ujar Kasubag Humas Porlres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Tercatat sudah ada 4 desa di Kecamatan Donomulyo yang mendapat pasokan air bersih di awal bulan Agustus ini.

”Keempat desa tersebut meliputi Desa Sumberoto, Purwodadi, Kedungsalam, dan Mentaraman. Bagi masyarakat Kabupaten Malang yang mengalami musibah kekeringan dan membutuhkan pasokan air, silahkan tinggal melapor kepada Bhabinkamtibmas setempat,” jelas Ainun.

Pewarta : Had Tris