Foto : Balitbang Jatim “Field Trip Kebun Stroberi” di Bumiaji. (hum)

BACAMALANG.COM – Badan penelitian dan pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa timur menggelar temu ilmiah di Lumbung Stroberi yang terletak di Desa Pandanredjo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (4/9/2019).

Kegiatan yang mengusung tema Field Trip ini, juga disukseskan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam kelompok Upwork Creative. Tamu undangan hadir yang berjumlah 120 orang, diantaranya merupakan peneliti dari berbagai bidang mulai pengembangan pertanian, tata kelola usaha desa dan pengembangan masyarakat. Pemuda-pemuda Desa Pandanrejo, menyambut para undangan dengan tarian tarian tradisional Kentrung.

Dalam kesempatan ini, para peserta temu ilmiah diajak untuk mencicipi seluruh produk unggulan yang ada di lumbung stroberi mulai dari seperti jus storberi, sari buah stroberi, selai stroberi dawet stroberi, sambal stroberi dan masih banyak lagi produk olahan lainnya. Selain itu, juga diajak mengikuti kegiatan unggulan lumbung stroberi yaitu petik stroberi langsung dari kebunnya. dan produk olahan stroberi laiinya. Produk olahan tersebut merupakan buah tangan khas dari Desa Pandanrejo yang dikenal akan penghasil stroberi

Kepala Desa Bapak Abdul Manan, S.Sos, dalam agenda kali ini mengutarakan terkait Lumbung Sroberi ini. “Bumdes telah didirikan pada tahun 2016. Dana desa yang disalurkan dalam penyertaan modal bumdes dari dana desa pada tahun 2018 sejumlah 41 juta dan untuk dana pengembangan pada tahun 2018 sejumlah 396 juta. pada tahun 2019 anggaran perubahan untuk pengembangan menggunakan sejumlah total 98 juta,” kata dia.

Camat bumiaji yang juga berkesempatan hadir mengungkapkan. “Pandanrejo merupakan desa dengan ke unikan potensi tersendiri karena memiliki produk unggulan stroberi. Sesuai tujuan percepatan pembangunan desa pengelolaan dana yang masuk kedesa harus dimaksimal kan semaksimal mungkin. Dengan peraturan desa yang baru masih butuh penyesuaian dengan tuntutan yang sangat besar. Penggunaan dana yang besar memiliki peruntukan yang berbeda-beda. Pandanrejo memiliki fokus pembangunan yang baik melalui bumdesnya,” paparnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Mr.roo selaku perwakilan BUMDes dalam sambutannya mengaku sudah melakukan 4 hal di Bumdes ini :

1. SUKSES MARKET DAN PRODUK dengan produk utama stroberi dengan pengelolaan kerjasama dengan 150 petani di pandanrejo dengan bentuk kerjasama penjualan secara fresh, petik stroberi, olahan dan edukasi stroberi

2. SUKSES SDM sdm di sini putra putri desa asli pandanrejo dengan keyakinan ‘desaku masa depanku’ dan mampu mendatangkan lebih dari 1000 orang tiap bulannya. Dengan pengembangan SDM melalui training. Intinya meskipun dengan SDM apa adanya dari pemuda-pemuda desa namun dengan semangat belajar yang tinggi akan menjadi lebih baik

3. SUKSES SYSTEM system yang dibuat menjamin keberhasilan masa sekarang dan masa depan yang akan datang. Dengan system sekarang lumbung stroberi mampu melakukan pembangunan-pembangunan   4. SUKSES FINANCE kondisi keungan belum hebat kami masih terus belajar meskipun hanya dengan honor belum bisa memberikan gaji kita akan tetap semangat.

Pewarta : Prayoga