Foto : Hakam Mabruri saat mengayuh sepeda pancal, keluar dari Ponpes An Nur 2 Bululawang (ist)

BACAMALANG.COM – Setelah sukses melakukan perjalanan keliling dunia beberapa waktu lalu, kini kembali Hakam Mabruri santri alumni tahun 1996 Pondok Pesantren An Nur 2 Bululawang melakukan roadshow keliling Afrika.

Kali ini Hakam mengemban misi suci dan mulia yaitu menunjukkan Indonesia negara yang ramah, penuh toleransi, dengan penduduknya mayoritas muslim, bersepeda hingga ke Afrika.

Perjalanan ini dimulai dari Ponpes An Nur 2 Bululawang, dan akan melalui beberapa daerah, seperti Sidoarjo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Bekasi dan Jakarta, serta bakal menyempatkan diri untuk singgah di tempat bersejarah dari semua agama.

Sebelum berangkat mengayuh sepedanya, Hakam Mabruri menyampaikan, dirinya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa pesantren-pesantren di Indonesia bisa mencetak santri-santri yang memiliki pemikiran maju.

“Saya melakukan perjalanan ini untuk membawa misi perdamaian. Saya menggunakan sepeda gowes. Saya sudah menyiapkan peralatan sepeda dan kepengurusan administrasi untuk perjalanan,” terang Hakam.

Alasan dirinya memilih negara Afrika lantaran negara tersebut saat ini merupakan negara yang bisa dikonotasikan sebagai negara yang seram dan ibu bumi dimana di negara tersebut banyak permasalahan yang terlahir disana.

“Saya mewakili santri yang ada Pondok Pesantren An Nur 2 Bululawang ini ingin mengkampanyekan jika Muslim for Peace. Apalagi saya dari Indonesia, yang umat muslimnya ramah serta toleran. Selain itu juga ingin merubah image Afrika seram menjadi Afrika indah dan mempesona,” tegasnya.

Sementara itu, Heri Cahyono selaku sponsor kegiatan ini mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan semuanya.

“Kami mau memberikan sponsor lantaran Hakam merupakan salah satu pejuang Malang Jejeg yang akan mengkampanyekan Islam untuk kedamaian di dunia Internasional,” terangnya.

Perlu diketahui, Hakam Mabruri akan memulai perjalanan panjangnya dari Ponpes An Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang pada Selasa 10 September dan direncanakan perjalanan dilakukan kurang lebih sejauh 17.000 Kilometer dalam kurun waktu selama satu tahun.

Di Afrika, Hakam Mabruri akan menjelajahi 14 negara, diantaranya Sudan- Etiopia- Kenya- Uganda- Rwanda- Tanzania- Mozambiq- Malawi- Zambia- Zimbabwe- Botswana- Namibia- Afrika Selatan.

Hakam meminta doa restu dari semua pihak agar perjalanannya bersepeda ke Afrika dalam ‘The Glorius Santri Journey in Africa’ dapat berjalan lancar hingga kembali ke Tanah Air.

Perjalanan ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Hakam Mabruri. Sebelumnya Hakam pernah melakukan perjalanan dari Malang-Palembang pada tahun 2011, Batu-Flores pada tahun 2011, Malang-Sulawesi-Kalimantan-Sabah-Brunei-Serawak-Kalimatan-Palembang-Jakarta-Malang pada tahun 2012, Malang-Lombok di akhir 2012, dan Malang-Mekkah 2016-2018.

Pewarta : Had Tris