Foto : Sosialisasi BNN di Disnaker Kabupateb Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Pencegahan penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat aditif (Napza) lainnya memang juga perlu dilakukan di instansi pemerintahan. Seperti halnya yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang.

Pada Senin (16/9/2019) siang, instansi yang berlokasi di Jalan Trunojoyo Kavling 3 Kepanjen itu menunjukkan keseriusannya dalam pencegahan narkoba dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang untuk melakukan sosialisasi.

“Kami berupaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja Dinas Tenaga Kerja. Kami mencegah jangan sampai pegawai kami ada yang menggunakan narkoba,” kata Sekretaris Disnaker, Eko Darmawan SE.

Ia menjelaskan, upaya yang dilakukan instansinya ini telah sesuai dengan amanat dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018. Yakni tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Eko pun berharap, setiap pegawai pada dinas yang dikomandoi oleh Drs Yoyok Wardoyo MM ini tidak hanya mencegah penyalahgunaan narkoba. Namun juga berperan aktif dalam memberantas. “Awalnya agar para pegawai tahu dulu arti dan jenis narkoba. Kemudian mengetahui soal bahayanya. Selanjutnya aktif mencegah,” paparnya.

Sementara itu, Penyuluh Narkoba BNN, Citra Purnamasari menjelaskan, merujuk pada Inpres tersebut memang diharapkan instansi pemerintahan dan swasta menggelar P4GN untuk mencegah narkoba. Namun dia akui, belum semua instansi melaksanakannya. Sosialiasi pencegahan narkoba tidak hanya dilakukan oleh BNN saja, namun juga dari narasumber lain yang juga berkompeten.

“Harapan kami Desember ini semua instansi sudah melakukan P4GN,” kata perempuan cantik berjilbab itu.

Ia menambahkan, saat ini ada sekitar 803 jenis new psychoactive substances (NPS) dan 74 diantaranya ada di Indonesia. Dari jumlah puluhan itu, baru 66 jenis yang sudah diundangkan dalam Permenkes nomor 20 tahun 2018.

“80 persen penyebaran barang haram tersebut dari jalur laut. Namun sejauh ini belum ada kasus penyelundupan narkoba dari jalur laut di Kabupaten Malang,” tuturnya.

Pewarta : Prayoga