Foto : Wina Nurnama S.Sos.M.Si, Kades Wonoayu (ist)

BACAMALANG.COM – Infrastruktur jalan menjadi kunci utama untuk memajukan perekonomian sebuah desa.

Dengan semakin baiknya infrastruktur jalan desa, maka diharapkan desa bisa tumbuh menjadi desa wisata olahraga yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga.

Hal ini disampaikan Wina Nurnama S.Sos.M.Si Kades Wonoayu Kecamatan Wajak kepada awak media Selasa (10/9/2019).

“Dengan dibangunnya wisata sport nanti,Desa Wonoayu akan menjadi destinasi wisata,khususnya untuk warga Malang Raya bahkan Jawa Timur”,terang istri Miskat anggota DPRD Kabupaten Malang ini beberapa waktu lalu.

Menuju jabatanya ke tiga periode,Wina Nurnama S.Sos.M.Si Kepala Desa Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, bertekad mewujudkan Desa berpenduduk 1551 jiwa ini semakin maju.

Saat ini,Desa Wonoayu sendiri mulai banyak dikunjungi wisatawan,itu dengan dibangunnya stadion olahraga di desa setempat.

Ke depan,tambah Wina,Ia akan menambah pembangunan kolam renang,sirkuit motor,olahraga keluarga dan jogging track,bahkan stadion Wonoayu ini juga akan digunakan untuk latihan Arema senior.

Disinggung mengenai pembangunan sarana infrastruktur yang belum tersentuh saat ini hanya tinggal sekitar 25 persen.”Kedepan akan kami lanjutkan”,jelasnya.

Sementara,Miskat SH.MH,tokoh masyarakat Desa Wonoayu sekaligus anggota DPRD Kabupaten Malang berharap,enam tahun ke depan, Desa Wonoayu harus benar-benar berubah.

Kata suami Wina Nurmala,Kades Wonoayu ini,saat ini Pemdes Wonoayu juga telah membangun jalan tembus menuju Dusun Sarirejo Sumberputih.

“Jalan yang dulunya sempit itu dilebarkan.Pastinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.Dengan sarana infrastruktur yang sudah dibangun oleh Pemerintahan Desa ini,akan berdampak pada semua hajat hidup masyarakat”,urai sosok yang juga pernah menjabat Kades Wonoayu selama dua periode ini.

Sekilas tentang Desa Wonoayu,sebelah timur berbatasan dengan Desa Sumberputih, wilayah sebelah utara berbatasan dengan Desa Bambang, wilayah sebelah barat berbatasan dengan Desa Bringin dan wilayah sebelah selatan berbatasan dengan Desa Sumber Putih.

Perkembangan Desa Wonoayu boleh dibilang sangat pesat,itu terbukti dengan akses jalan menuju desa yang sudah beraspal dan tertata rapi. Juga beberapa dari warga desanya telah mandiri dalam hal memanfaatkan peluang usaha di berbagai sektor.

Pewarta : Had Tris