BACAMALANG.COM – Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Batu menggelar lomba mewarna tingkat Paud atau RA dan lomba menggambar tingkat SD, di Amke Jalur Lingkar Barat Kota Batu, Rabu (4/12/19).

Kasi Paud Dinas Pendidikan Pemkot Batu, Siti Kotifah, Sp., MA menjelaskan, giat itu sebagai bentuk kepedulian dalam peran serta aktif Dinas Pendidikan mendukung program kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertema Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS).

“Melalui even yang melibatkan 200 peserta, yang tujuannya untuk menanamkan kecintaan peserta pada tanaman sejak usia dini. Bentuk konkretnya dituangkan dalam gambar pemenang juara 1 SD Citra Bunda,” terang dia.

Ditambahkan olehnya, Dista, salah satu juara menggambarkan pohon dengan wajah seorang ibu yang memiliki banyak akar dengan bentuk wajah anak-anaknya.

“Artinya Pohon apabila dirawat, dipelihara bisa memberikan manfaat bagi sekitarnya, termasuk kelangsungan kehidupan masyarakat luas di Daerah Aliran Sungai,” imbuhnya.

Menurutnya, gambar itu juga mengajak kita sebagai orang tua, guru turut serta memberikan pemahaman, pengetahuan sejak dini.

“Ya, itu demi kelangsungan kehidupan tanaman yang menyokong sumber mata air. Selain itu, pembelajaran Adiwiyata sudah kita terapkan dalam materi muatan lokal, murid dan guru diajarkan untuk diet sampah, serta mengurangi makanan yang berpengawet,” pungkas Kasi Paud berhijab yang bertindak sebagai koordinator kegiatan lomba.

Perlu diketahui, Dinas Pendidikan secara rutin telah melaksanakan tanam pohon bersama mulai 2009 hingga sekarang, dari ketekunan itulah SD kita mendapatkan predikat Adiwiyata Nasional. Berawal dari SDN Punten 1, SDN Tulungrejo 4, SDN Beji 1 dan SDN Temas 1. (Eko)