Foto : Dinilai Turut Lestarikan Budaya Indonesia, Hasan Abadi (tengah) Dukung Peresmian Portal Musik Dangdut. (ist).

BACAMALANG.COM – Dangdut adalah musik asli Indonesia yang sangat digemari seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Terkait hal itu maka, selayaknya rakyat Indonesia turut mendukung pelestarian musik dangdut, yang berarti ikut berpartisipasi melestarikan budaya bangsa.

Hal ini dikatakan Hasan Abadi, Rektor Unira Malang yang juga Bakal Calon Bupati Malang dalam wawancara via WhatsApp, Sabtu (21/9/2019) siang.

“Saya menyokong pemasyarakatan dangdut, dan selayaknya rakyat Indonesia turut mendukung pelestarian musik dangdut, yang berarti ikut berpartisipasi melestarikan budaya bangsa,” tegas Hasan Abadi.

Dikatakannya, ekses negatif bisa muncul dari apa saja dan dimana saja, tergantung mentalitas masing-masing.

Karena itu dirinya mendukung pelestarian dangdut untuk kemudian juga mengangkat tema- tema tentang kemandirian, kemauan bekerja keras, cinta sesama, perdamaian, anti kekerasan, dan bahkan meningkatkan rasa nasionalisme dan religiusitas.

Seperti diketahui, peresmian portal musik Dangdutpro.com yang dipimpin A. Hanan Jalil dilakukan dengan pementasan musik dangdut yang dihadiri Ratu Dangdut Elvie Sukaesih dan Demy. Pementasan sendiri dilakukan di pelataran Batik Tulis Celaket.

Hasan menuturkan, dangdut bukan genre musik kampungan, dangdut adalah karya adiluhung bangsa yang diracik antara genre musik tradisional dengan genre musik lain, karena itu dangdut sangat dinamis.

“Karena digemari banyak pihak, dangdut harus dilihat dari sudut pandang positif untuk menyemangati masyarakat agar terus menjadi masyarakat pekerja keras, halus hatinya, dan cinta perdamaian dan kesatuan bangsa,” pungkas Hasan.

Pewarta : Had Tris