Foto : Fashion show mahasiswa asing IBU. (ist)

BACAMALANG.COM – Ada yang menarik dalam peringatan Hari Batik Nasional di Kampung Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (02/10/2019). Hal ini lantaran ada sejumlah model dari mancanegara yang mengikuti Fashion Show dengan berbusana batik.

Sejumlah model asing ini, ternyata adalah mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang yang memang kagum dengan budaya Indonesia. Seperti yang diungkapkan David, mahasiswa asal Kanada.
“Kami suka batik, karena unik. Ini adalah kerajinan yang butuh kesabaran, karena Anda harus duduk sabar menggambar pola-pola” jelas David.

Dalam kesempatan ini, ia juga merasa senang bisa mengenakam Batik Tulis Celaket khas Malang. “Saya tidak tahu macam-macam dan jenis-jenis batik. Tapi saya suka batik (khas Malang ini). Saya suka motif bunga-bunga,” terang David.

Sementara itu, Rektor IKIP Budi Utomo, Dr Nurcholis Sunuyeko yang ikut hadir dalam acara tersebut, mengaku melibatkan 26 mahasiswa asing untuk turut memberikan hiburan kepada masyarakat yang antusias memyaksikan fashion show.

”Mereka ini berasal dari 16 negara yang belajar di IBU tahun akademik 2019/2020. Mereka terlihat sangat antusias dan senang memperkenalkan berbagai macam motif batik khas Malang,” jelas pria yang juga Ketua Forki Kota Malang ini.

Untuk diketahuu, acara ini dikenal masyarakat sebagai Festival Batik Celaket. Selain menampilkan fashion show batik dengan sejumlah model lokal hingga mancanegara, masyarakat juga berkesempatan berebut 500 kain batik berbagai motif yang disusun dalam 3 gunungan batik.

Ketua Panitia sekaligus owner BTC, Hanan Jalil mengatakan, tema yang diambil dalam peringatan ini adalah “Wajah Indonesia di Kampung Celaket.

Selain Fashion Show, juga ditampilkan tari – tarian yang melambangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak ketinggalan, tarian dengan kostum dari kawasan Papua.

“Indonesia kaya akan keberagaman. Karena itu, perlu dilestarikan dan tetap dijaga keberadaanya,” tandasnya.

Pewarta : Prayoga