Foto : Festival Hari Jadi ke-74 Jawa Timur di Bakorwil III Malang (Hum)

BACAMALANG.COM – Festival Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur berlangsung selama dua hari, 19-20 Oktober 2019 di Kantor Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) III Malang. Sebanyak 93 stand produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut berpartisipasi.

Selain pameran produk UMKM, juga ada lomba Band di tingkat SMA dan SMK, lomba paduan suara tingkat SD, lomba mewarnai tingkat TK, Jalan Sehat, lomba menu lokal, serta lomba karaoke bagi seluruh jajaran di wilayah kerja-nya yakni Kota Malang, Surabaya, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Kepala Bakorwil 3 Malang, Benny Sampir Wanto mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas capaian kondisi Jawa Timur saat ini.

“Acara ini sebagai upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi dan budaya Jawa Timur dan pembinaan generasi millenial di wilayah kerja Bakorwil 3 Malang demi tercapainya Jawa Timur yang semakin adil, sejahtera, dan maju,” kata Benny, sapaan akrabnya, kepada awak media.

Ia menambahkan, dengan fungsi dan tugas Bakorwil seluruh persoalan di sektor UMKM juga mudah diketahui. “Kita akan selalu koordinasi guna meningkatkan dan mengetahui apa yang perlu diperbaiki,” terangnya.

Dari kegiatan ini, masyarakat diharapkan untuk aktif berpartisipasi dalam membangun UKM dan IKM yang lebih maju.”Dan kami akan selalu melakukan kegiatan seperti ini, supaya masyarakat mendapatkan harga yang terjangkau dalam memenuhi kebutuhannya,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jatim, Heru Tjahjono berharap pameran ini dapat menjadi inovasi baru. “Kami berharap apa yang dijual dan apa yang dipromosikan selalu berubah,” tuturnya.