Foto : Galang Dana untuk Veteran oleh FMBB. (ist)

BACAMALANG.COM – Kondisi para veteran yang kehidupannya kini terbilang memprihatinkan, membuat Forum Musisi Malang Berbagi (FMMB) turut peduli dengan mengadakan konser jalanan galang dana di Simpang Balapan Ijen Kota Malang, Minggu (3/11/2019).

Ketua Pelaksan FMMB, Meme Mariana mengatakan, adanya konser ini diharapkan bisa memotivasi warga atau pihak lain berbagi kepada sesama utamanya kepada veteran yang hidupnya memprihatinkan.

“Kami berharap agar adanya kegiatan ini bisa memotivasi pihak lain untuk ikut memberikan santunan kepada veteran,” tutur Meme Mariana.

Ia mengungkapkan, biasanya konser digelar bertujuan memberikan santunan kepada yatim piatu dan warga kurang mampu.

Namun kali ini ada sedikit nuansa yang berbeda, karena peruntukkan hasil Galang dana diberikan untuk veteran se-Malang Raya.

Ia menjelaskan, momen penggalangan dana dirasa pas, karena berada diantara peringatan HSP (Hari Sumpah Pemuda) dan Hari Pahlawan 10 November nanti.

Ia mengatakan, dirinya merasa prihatin karena saat ini kepedulian warga untuk berbagi kepada veteran dirasakan masih minim.

“Kita harus menumbuhkan rasa kepedulian terhadap veteran. Karena nasib mereka tidak sama dengan yang dibayangkan oleh warga selama ini,” tutur Meme.

Dikatakannya, kebanyakan warga mungkin mengira jika veteran itu memiliki uang hasil pensiun, atau mungkin juga veteran mempunyai rumah dinas.

“Ternyata realitanya kondisi mereka tidak seperti itu. Karena kebanyakan dari veteran tidak mempunyai tempat tinggal tetap, bahkan ada yang menjadi pengemis,” tukas Meme memelas.

Diungkapkannya, dari 5 ranting organisasi veteran se-Malang Raya ada sebanyak 664 orang veteran yang layak mendapat uluran tangan.

“Cukup banyak veteran yang layak mendapat bantuan yaitu sebanyak 664 orang se-Malang Raya, karena mereka hidup berkekurangan,” ujar Meme.

Ditandaskannya, puluhan musisi dan seniman se-Malang Raya, turut terlibat dalam konser aksi Galang dana untuk veteran.

“Ada yang membantu ikut tampil. Ada pula yang membantu tenaga dan moril. Bahkan ada pula yang berpartisipasi turut hadir langsung menyaksikan konser,” tegas Meme.

Meme menjelaskan, pihaknya merasa bersyukur karena hingga Minggu sore terkumpul dana sekitar 15 juta rupiah.

“Nanti kami berikan secara simbolis dulu kepada perwakilan veteran. Dan selanjutnya besok akan dilanjutkan penyerahan kepada yang berhak,” tukas Meme.

Meme mengungkapkan dirinya sebagai generasi penerus perjuangan veteran, selain ingin memberikan apresiasi, juga memotivasi pihak-pihak lain agar mengadakan kegiatan serupa.

“Kami ingin memberikan hiburan, penghargaan atas perjuangan mereka dan apresiasi, serta semoga kegiatan semacam ini banyak diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama,” pungkas Meme. (Had).