Foto : Suasana belajar mengajar di SD (ist)

BACAMALANG.COM – Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah dilaksanakan beberapa bulan terakhir, dinilai Wali Kota Malang, Drs Sutiaji sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini usai dirinya memantau langsung di dua sekolah, SD Madyopuro 2 dan SD Model Tlogowaru, Senin (26/8/2019).

“Salim sudah benar, ketika masuk kelas kaki kanan, ketika mau makan cuci tangan dan berdoa, ketika di dalam kelas duduk dengan posisi baik. Tadi saya lihat yang meja gotong royong dia sudah mengembalikan kursi tanpa diminta. Itu artinya kan sudah terbiasa,” kata Sutiaji.

Perilaku-perilaku yang masih murni, lanjut Sutiaji, diharapkan nantinya mampu menjadi identitas diri anak-anak tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa mendidik karakter anak ketika kecil itu memang susah. Akan tetapi tertanamnya itu kuat. “Seperti pepatah, belajar di waktu kecil ibarat menulis di atas batu. Itu kan karena susah. Tapi insya Allah kan lama daya ingatnya. Ya itu yang kita harapkan,” jelasnya.

Dalam kunjungannya ke dua sekolah ini, Sutiaji berinteraksi langsung dengan siswa kelas 1 dan 2. Berbagai pertanyaan mengenai kebiasaan mereka sehari-hari ia lontarkan; beberapa di antaranya ketika mau berangkat sekolah mencium tangan orang tua, mencium tangan guru, ketika mau makan cuci tangan, ketika mau mengerjakan apapun diawali dengan doa, dan lain-lain.

Pewarta : Prayoga