Tomas Desa Putat Lor, Ahmad Syaiku di lokasi rencana pembangunan PLTMH (Hadi)

BACAMALANG.COM – Kebutuhan listrik bagi masyarakat desa dirasakan cukup urgent untuk dipenuhi. Sementara itu daya dukung sumber daya alam seperti sungai beraliran deras, dapat dioptimalkan guna penyediaan akses listrik tersebut.

Terkait hal tersebut, tokoh masyarakat Desa Putat Lor Kecamatan Gondanglegi, Ahmad Syaiku meminta Pemkab Malang agar membantu penyediaan peralatan instalasi untuk pembangunan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ).

“Saya berharap ada bantuan dari Pemkab Malang untuk penyediaan instalasi pembangkit listrik tenaga air. Sebanyak 100 KK membutuhkan bantuan listrik,” ujar Syaiku, Sabtu (12/10/2019).

Dikatakannya, ada sebanyak 100 KK yang akan bisa memanfaatkan listrik dari PLTMH tersebut. Bahkan tidak hanya warga Putat Lor sendiri, listrik itu juga bisa digunakan warga desa sebelah, yaitu Desa Sepanjang.

Selain itu, listrik dari PLTMH bisa dipergunakan untuk PJU (Penerangan Jalan Umum) yang selama ini mengambil listrik dari desa sekitar. Menurut Syaiku, ada banyak daya dukung untuk bisa merealisasikan program PLTMH tersebut.

Diantaranya adalah aliran air Kalipati yang deras, serta ditambah kondisi air yang bersih dan jernih. Sedangkan untuk pembiayaan untuk pembangunan tembok, penyediaan instalasi PLTMH membutuhkan biaya sekitar Rp 250 juta.

“Kami sangat berharap ada bantuan dari Pemkab Malang untuk PLTMH. Insyaallah proyek ini sangat dibutuhkan warga desa,” tukas Syaiku. (Had/Mid)