Foto : Prosesi Sertijab. (Hum)

BACAMALANG.COM – Mulai hari ini, Selasa (14/1/2020), Kepala Rumah Sakit TNI AU dr. M. Munir Lanud Abdulrachman Saleh resmi dijabat oleh Mayor Kes dr. Achmad Yunus, Sp.OG. Dia merupakan alumni Sepa PK TNI tahun 2003 yang sebelumnya menjabat Kepala Rumah Sakit Lanud Suryadarma, Subang dan menjalani pendidikan Seskoau (Sekolah Staf dan Kamando Angkatan Udara) angkatan ke-56 di Lembang, Bandung Barat.

Sebelumnya, kepala Rumah Sakit itu dipimpin oleh Letkol Kes dr. Erna, Sp. M., MARS., yang merupakan alumni Sepa PK TNI tahun 1998.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) itu dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat di Gedung Cakrawala.

Danlanud menyampaikan, bahwa sertijab kepala Rumah Sakit tersebut merupakan regenerasi kepemimpinan dalam tubuh TNI AU.

Marsma TNI Hesly Paat menjelaskan, RSAU dr. M. Munir Lanud Abdulrachman Saleh merupakan Rumah Sakit TNI AU tingkat III yang bertugas memberikan dukungan kesehatan pada operasi penerbangan dan operasi-operasi lain dari satuan-satuan yang ada di Lanud Abdulrachman Saleh. Selain itu juga dan pelayanan kesehatan preventif dan kuratif serta rehabilitasi kepada anggota TNI Lanud Abdulrachman Saleh dan insub serta keluarganya.

“Rumah Sakit ini juga memberikan pelayanan untuk anggota TNI di luar TNI AU, purnawirawan TNI dan keluarganya. Bahkan seiring dengan pengelolaan kesehatan oleh BPJS, RSAU dr. M.Munir juga menerima pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum”, terang Danlanud.

Seusai upacara sertijab, dilanjutkan dengan acara pisah sambut yang dihadiri oleh para kolega, pejabat Lanud Abdulrachman Saleh dan Insub,pengurus PIA Ardhya Garini Cabang Lanud Abdulrachman Saleh serta segenap personel RSAU dr M. Munir.

Tak hanya itu, pisah sambut juga diisi dengan penyerahan sertifikat paripurna bintang lima dari KARS Kemenkes RI terhadap RSAU dr M. Munir dan Poliklinik Garuda oleh Kepala RSAU yang lama kepada Danlanud dan diserahkan kepada Kepala RSAU yang baru, serta pemberian cinderamata.

Kini Letkol Kes dr. Erna, Sp. M., MARS., yang juga merupakan alumni Sepa PK TNI tahun 1998 ini harus menjalankan tugas baru di RS Pusat TNI AU dr. Suhardi Harjolukito, Yogyakarta sebagai Kepala Bagian Bedah Refraksi Departemen Mata. (Lis)