Foto : Siap gelar Kejurnas Karate. (yoga)

BACAMALANG.COM – Federasi Karate-Do Indonesia (FORKI) Kota Malang siap menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Malang Open X 2019 di GOR Ken Arok Kota Malang pada 23-24 November 2019.

Ketua Umum FORKI Kota Malang, Nurcholis Sunuyeko menargetkan 1.700 karateka dari berbagai daerah di Indonesia bakal berpartisipasi. “Kejurnas kali ini juga bakal diikuti oleh beberapa atlet dari luar negeri. Saat ini sudah hampir 1.000 orang yang memdaftar,” kata Nurcholis saat menggelar jumpa pers, Selasa (19/10/2019).

Dalam Kejurnas yang didukung IKIP Budi Utomo (IBU) ini, merupakan program rutin yang diadakan setiap tahun guna memberikan kesempatan bertanding kepada para atlet, khususnya dari cabor karate Kota Malang.

“Kami ingin atlet dari Malang ini nanti bisa mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi dan berprestasi di tingkat yang lebih luas di berbagai kejuaraan, baik di tingkat nasional maupun internasional,” paparnya.

Ia menambahkan, ada tujuh kategori yang akan dipertandiingkan dalam Kejurnas yang juga sebagai ajang pemersatu bangsa. Yakni ada kelompok usia dini 7-9 tahun, kelompok prapemula 10-11 tahun, kelompok pemula 12 -13 tahun, kelompok kadet 14-15 tahun, kelompok yunior 16-17 tahun, Kelompok under 21 -21 tahun, dan kelompok senior +21 tahun.

“Keperluan Kejurnas sudah disiapkan dengan sebaik-baiknya. Baik secara teknis maupun non-teknis, termasuk membantu penginapan bagi para atlet.

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor IBU Malang ini menyebut bahwa kampusnya akan selalu turut andil dalam memajukan olahraga di kota Malang. “Tidak hanya Karate, IBU membuka selebar-lebarnya pada cabang olahraga lainnya untuk bekerjasama dengan IBU,” jelasnya. (yog)