Bupati Malang dan jajaran Perumda Tirta Kanjuruhan meninjau IPA Tirtoyudo (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan terus berkomitmen memberikan layanan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Malang.

Seperti di Kecamatan Tirtoyudo, Perumda Tirta Kanjuruhan menghadirkan instalasi pengolahan air minum (IPA). Ada total 1.600 sambungan rumah (SR) yang terlayani IPA tersebut.

“Ini juga untuk mengaliri mushola. Dari 13 desa yang ada disini (Tirtoyudo, red), sudah ada 8 desa yang terlayani,” ucap Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, disela-sela kegiatan Gema Desa di Tirtoyudo, Selasa (29/10/2019).

Ditambahkan Syamsul, IPA tersebut mampu menghasilkan 20 liter air per detik. Pembangunan IPA di Tirtoyudo tersebut menelan anggaran kurang lebih Rp 12 miliar.

“Ini dibangun sejak tahun 2013, anggaran dari APBD. Biaya yang dikenakan untuk satu meter kibiknya Rp 1.900, untuk harga segitu masih sangat murah, terjangkau untuk masyarakat pedesaan,” jelasnya.

Selanjutnya, Syamsul menerangkan, ada banyak sumber air yang dapat dimanfaatkan atau dikelola pihaknya. Salah satunya sumber air tanah.

“Tidak harus mengelola air yang potensial. Dimana pun ada potensi, air tanah atau sungai, bisa kita kelola,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati Malang, Muhammad Sanusi menuturkan bahwa pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih. Dikatakannya, air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat, baik di perkotaan ataupun pedesaan.

“Pemkab Malang akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya terkait air bersih. Alhamdulillah, disini sudah ada IPA, menjadi sumber air yang layak minum. Saya berharap, semua desa nantinya sudah tercukupi kebutuhan airnya, sehingga tidak ada lagi kekeringan yang memerlukan mobilisasi. Saya berharap juga Perumda Tirta Kanjuruhan terus berinovasi, untuk semua kepentingan masyarakat agar terpenuhi,” tukas Sanusi.

Penulis: Dhimas Fikri