Foto : Tari Beskalan. (yon)

BACAMALANG.COM – SMPN 1 Tirtoyudo mengajak para siswa – siswinya untuk melestarikan budaya asli Malang. Salah satunya yakni dengan adanya ajaran Tari Beskalan. “Kami ajarkan┬ámulai dari teknik pembelajaran,” kata Andri Atmoko Guru Seni di SMPN 1 Tirtoyudo.

Untuk mengasah kemampuan anak didiknya, pihaknya juga mengikuti sejumlah lomba di tingkat regional maupun nasional. “Kami sempat mengikuti Festival lomba seni siswa nasional, tetapi masih belum beruntung,” imbuhnya.

Meski begitu, ia mengaku bahwa anak – anak masih bersemangat untuk mengikuti lagi. Seperti perlombaan yang digelar di SMK Widya Dharma Turen beberapa waktu lalu. “Dalam lomba ini saya coba tampilkan kembali tarian beskalan lanang yang sudah dilupakan sebagai tarian icon Malang dan meraih juara,” tuturnya.

Menurutnya, tarian beskalan lanang sebagai tari asli Malang ciptaan  Pak Sholeh dari padepokan Mangun Darmo Tumpang ini hanya diketahui beberapa orang saja. “Tarian Beskalan Lanang saya lestarikan kepada anak didik saya agar kebudayaan Malang bisa terjaga,” paparnya.

Ajeng Wulanarum, salah satu siswa menambahkan bahwa tarian ini mempunyai karakter yang gagah dan tradisional. “Dan selayaknya sebagai generasi muda harus melstarikan budaya bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Tirtoyudo Bambang Budiharso┬ámengaku sangat bangga atas prestasi siswanya serta gurunya yang berinovasi cerdas dalam melestarikan budaya asli Malang tersebut. “Ya semoga siswa saya menjadi pelopor budaya bangsa asli Malang ini,” jelasnya. (yon)