Rawon Sugoro
Rawon Sugoro Pakisaji (ist)

BACAMALANG.COM – Khazanah kuliner kita belum terasa lengkap apabila berkunjung ke Rawon Sugoro yang terletak di utara Jalan Raya Pasar Pakisaji, Kabupaten Malang. Sudah tradisi apabila ke Pantai Selatan wajib berkunjung ke warung rawon di dekat pasar Pakisaji di jalan Panji Pulangjiwo, Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang ini. Rawon Sugoro mempunyai cita rasa kuliner khas Jawa Timur.

Keunikan Rawon Sugoro dibandingkan rawon lainnya adalah kuahnya yang bening dan tidak menggunakan kluwek (bumbu khas rawon). 

Selain itu, sambalnya juga khas dengan cabe sangat pedas tanpa tomat. Sebagai pelengkap masakan ada beberapa menu tambahan seperti sambal goreng tempe, paru, empal daging, babat, usus sapi, otak serta sate kelapa yang khas menjadi ikon dengan harga sangat terjangkau .

Warung Rawon Sugoro buka pukul 07.00 pagi, tapi khusus hari Minggu anda dianjurkan datang lebih awal, pasalnya pada hari libur tersebut pembeli akan membludak, bahkan pukul 09.00 rawon sudah habis. Pengunjung yang datang selalu ramai, bahkan dari luar kota. 

Rawon Sugoro
Rawon Sugoro (ist)

Lokasi Rawon Sugoro berada di Jl. Raden Panji Pulang Jiwo, pinggir jalan raya bersebelahan dengan pasar Pakisaji. Satu porsi nasi rawon dan teh hangat cukup Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu. Harga itu sesuai kemampuan kantong para pemburu  kuliner masakan khas tradisi jawa.

Pemilik Warung Sugoro, Sugoro mengaku tradisi berjualan rawon hanya meneruskan menu masakan orang tuanya dengan khas jawa dan cabe pedas sebagai andalan masakannya.

Langganan Pejabat

Cukup banyak petinggi di Kabupaten Malang yang berlangganan di Warung Sugoro. Pejabat Malang sering menikmati rawon sugoro mulai mantan Bupati Malang Sujud Pribadi dan Rendra Kresna, Kasat Pol Pamong Praja Nazar Selian dan wisatawan dari berbagai daerah.

Tak hanya itu, jajaran staf Arema FC juga sering santap di warung ini. Salah satu staf manajemen Arema FC, M Taufan mengaku dulunya pemilik warung rawon ini adalah Almarhumah Mbah Kasiati.

“Sejak Mbah Kasiati meninggal, warung dikelola oleh putranya bernama Sugoro Jadi dikenal dengan nama Rawon Cak Sugoro,” ujarnya.(yon/zuk)