mengantuk
mengantuk (deccanchronicle)

BACAMALANG.COM – Mengemudikan kendaraan bermotor merupakan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh. Apalagi saat arus lalu lintas sedang padat, seperti liburan panjang menjelang Tahun Baru, kita akan dituntut untuk berkonsentrasi selama perjalanan.

Arus lalu lintas yang padat, macet, cuaca yang kadang tak menentu, kesehatan hingga rasa kantuk merupakan faktor yang harus dihadapi oleh pengemudi. Perlu diketahui, berdasarkan data dari National Sleep Foundation, tercatat setidaknya ada sekitar 100.000 kasus kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang mengantuk setiap tahunnya di Amerika Serikat.

Oleh karena itu, sebelum berkendara pastikan anda tidak mengalami kelelahan dan mengantuk. Berikut tips penting agar anda terhindar bahaya dari rasa kantuk saat mengemudi;

Menepi

rest area
rest area (genpi.co)

Jika anda sudah merasa capek dan kantuk mulai menyerang, anda wajib berhenti dan tidur sejenak. Jika ada berada di jalan tol, carilah rest area terdekat dan cobalah memejamkan mata untuk beberapa waktu. Biarkan tubuh anda beristirahat sejenak.

Minum Kopi

minum kopi
kopi (To Go)

Selalu sediakan minuman kopi jika anda akan bepergian. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menghilangkan kantuk dan menjaga kesadaran tubuh. Selain kopi, anda juga bisa meminum minuman penambah energi.

Istirahat Cukup

tidur
tidur (Discover Magazine)

Perjalanan jauh akan menguras tenaga. Menjelang hari keberangkatan, siapkan fisik anda dengan istirahat cukup dan mengurangi kegiatan yang menguras tenaga. Istirahat akan membantu anda menjaga kondisi tubuh dari kelelahan saat berkendara.

Minta Temani Saat Mengemudi

teman mengemudi
teman mengemudi (Legal help from i-lawsuit)

Terlalu lama mengemudi terkadang akan menyebabkan rasa bosan yang bisa mengakibatkan kantuk datang. Untuk mencegah itu, ajaklah teman atau keluarga anda untuk menemani anda bepergian. Selain bisa menjadi teman ngobrol untuk mencegah kantuk datang, rekan perjalanan bisa menjadi “pengawas” atau pengganti bagi kita saat kita mulai mengantuk.

Jangan Minum Obat Atau Alkohol

minum obat
minum obat (starberita)

Hindari mengkonsumsi obat atau alkohol sebelum menyetir. Kebanyakan obat-obatan dapat mengakibatkan kantuk, begitu pula alkohol yang bisa membuat kesadaran anda hilang. Apabila anda diharuskan untuk minum obat-obatan, sebaiknya anda tidak menyetir terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips aman berkendara agar terhindar dari kantuk. Tetap jaga kesehatan dan keselamatan dimanapun anda berada, khususnya di high season libur Tahun Baru.(zuk)