Upacara Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1258 (Humas Pemkab Malang)

BACAMALANG.COM – Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Malang Raya meminta agar Polres Malang memanggil seluruh panitia Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1258 tahun 2018 lalu.

Bupati LIRA Malang Raya, M Zuhdy Achmadi menuturkan bahwa harus ada pengusutan mendalam pada kegiatan Hari Jadi Kabupaten Malang tahun lalu. Menurut LIRA, meskipun tidak menggunakan APBD, kegiatan tersebut tidak menutup celah untuk timbulnya korupsi.

“Meskipun tidak dianggarkan dalam APBD, tapi kalau sumber dananya diperoleh dari masing-masing OPD kan sama saja. Itu berpotensi korupsi,” ujar pria yang akrab disapa Didik ini, Jumat (11/10/2019).

Didik menambahkan, selain panitia, semua pihak terkait harus ikut dipanggil Polres Malang. Hal itu lantaran seluruh kegiatan tersebut menyangkut soal uang negara.

“Polisi harus memanggil semua pihak yang terkait dalam kegiatan tersebut, untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait permasalahan ini,” imbuhnya.

Lebih jauh, Didik menyampaikan, seharusnya Hari Jadi Kabupaten Malang dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata. Dirinya pun menyayangkan jika ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dengan mengambil keuntungan pada kegiatan tersebut.

“Ketua panitianya harus bertanggung jawab. APH harus turun untuk melakukan pulbaket dan puldata. Jika tidak, ini akan terus menjadi polemik di masyarakat dan sebuah preseden buruk bagi Pemkab Malang,” pungkasnya.

Penulis: Dhimas Fikri