Foto : Gus Shodiq, Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim. (ist)

BACAMALANG.COM – Seperti diketahui, pada Selasa (17/9/2019) besok sekitar pukul 11.00 WIB di Grahadi Surabaya, akan dilakukan pelantikan dari Plt menjadi Bupati Malang.

Guna meningkatkan kesejahteraan warga, Bupati Malang semestinya fokus memajukan pertanian dan pariwisata. Hal ini dikatakan Noor Shodiq Askandar, Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim, Senin (16/9/2019) pagi dalam wawancara via WhatsApp.

“Untuk memajukan Kabupaten Malang, selayaknya Bupati fokus memajukan dua sektor yaitu pertanian dan pariwisata,” tutur Gus Shodiq.

Dikatakannya, waktu yang singkat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mensejahterakan rakyat, sekaligus mengharumkan nama Malang di pentas nasional maupun internasional.

Beberapa program yang harus diintensifkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, Bupati harus lebih fokus pada hal yang terkait dengan pertanian, peternakan, dan perikanan serta pemberdayaan UMKM.

Dijelaskan, penguatan sektor pertanian penting, karena ini basis utama penopang kehidupan utama rakyat. Yaitu mencari cara agar petani lebih berdaya, melakukan pengembangan bibit unggul agar hasilnya meningkat, plus diversifikasi tanaman, sehingga tidak hanya tergantung sama padi, jagung, dan tebu.

Ia mencontohkan seperti pola penanaman Melon di pesantren Al Huda Patokpicis, perlu ditularkan karena terbukti peningkatan nilai ekonomisnya tinggi.

Ia juga menuturkan, bidang peternakan, disamping peningkatan produktivitas, tetapi juga diarahkan pada pengolahan hasil ternak. Seperti peternak di Thailand yang sebagian susunya diolah dulu baru dijual, baik dalam bentuk susu pasteurisasi, yoghurt, sabun mandi, keju, dan lainnya. Dengan demikian ada nilai tambah yang tercipta. Potensi perikanan seperti di Sendang biru harus ditingkatkan.

Iniasi perikanan terpadu dengan pertanian hidroponik di Gondanglegi, adalah contoh optimalisasi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Disebutkannya, Malang juga punya potensi besar bidang pariwisata yang perlu dikembangkan dan dioptimalkan dengan baik.

Pantai selatan yang eksotis, jika dibranding dengan baik bisa mendatangkan banyak wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Begitu juga penggalakkan BUMDES dengan tagline One Village One Destination and One Village One Produk bisa jadi pengungkit perekonomian rakyat.

“Selamat menjalankan dan menjaga amanah kepada Bupati Malang Sanusi. Selamat juga buat warga Malang untuk bergandengan tangan membangun Kabupaten Malang yang lebih baik,” pungkas Gus Shodiq.

Pewarta : Had Tris