Bupati Malang saat mengecek kesiapan ambulan PSC 119 di RSUD Kanjuruhan Kepanjen (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Public Safety Center (PSC) 119 akan dilaunching Pemerintah Kabupaten Malang pada malam pergantian tahun nanti.

Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengatakan, saat ini progres PSC tersebut sudah berjalan sangat bagus. Kehadiran PSC ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Malang.

“Nanti, 1 Januari saya harap sudah bisa dilaunching, launching-nya pas malam Tahun Baru. Langsung bergerak semua armada PSC ini. Tentu ini sebuah kebanggaan,” kata Sanusi, saat evaluasi dan monitoring PSC di RSUD Kanjuruhan Kepanjen, Rabu (11/12/2019).

Dikatakan Sanusi, dirinya sebagai kepala daerah tentu akan memberikan dukungan penuh, utamanya dalam hal pelayanan kesehatan.

“Saya sebagai kepala daerah tentu akan memberikan support, agar pelayanan kesehatan ini tetap prima. Semua harus mendukung, tidak bisa setiap kegiatan pemerintah daerah ini dipikul sendiri, butuh dukungan semua pihak,” ungkap politisi PKB ini.

PSC sendiri sebenarnya merupakan layanan terintegrasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi lainnya. Diantaranya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, RSUD Kanjuruhan, RSUD Lawang, Polres Malang dan lainnya.

Layanan PSC ini mengutamakan reaksi cepat tanggap bila terjadi sesuatu, misal seperti kecelakaan lalu lintas. Jadi, korban bisa segera mendapat penanganan.

Selain itu, Sanusi pun bermimpi, RSUD Kanjuruhan bisa sejajar dengan RSUD Dr Iskak Tulungagung, yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai salah satu rumah sakit terbaik oleh International Hospital Federation (IHF).

“Kalau bisa nanti ini sejajar dengan Dr Iskak lah, bukan Bupati-nya yang dapat penghargaan tapi rumah sakitnya,” terangnya.

Penulis: Dhimas Fikri