Foto : Peninjauan jalan yang diperbaiki (ist)

BACAMALANG.COM – Jalan yang lebar dan nyaman, menjadi sarana utama bagi peningkatan sektor pariwisata yang diharapkan bisa mengkatrol kesejahteraan warga.

Terkait hal tersebut, maka Pemkab Malang melalui Dinas Pertanahan berencana melakukan pelebaran jalan, mulai dari arah Srigonco hingga tembus Jalan Lintas Selatan(JLS) untuk memudahkan akses menuju pantai Balekambang.

Sejak lama, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, merupakan kawasan pesisir selatan yang terkenal akan wisata bahari dan terumbu karang pantai Balekambang.

Untuk pelebaran jalan nanti, dimulai dari Desa Srigonco hingga tembus pantai Balekambang dengan total keseluruhan 4,5 ha.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Malang Subur Hutagalung SH saat ditemui awak media Senin (29/7/2019) siang.

Rencana pelebaran jalan nanti, dimulai dari Desa Srigonco hingga tembus pantai Balekambang dengan total keseluruhan 4,5 ha.

Mantan Kabag Hukum Pemkab Malang ini menuturkan, dari jumlah tersebut, harus dibagi dua, yaitu lahan milik masyarakat seluas 2,5 ha dan lahan kawasan hutan seluas 1,7 ha.

“Khusus untuk pembebasan lahan milik masyarakat, saat ini masih dalam tahap pemberkasan data. Selanjutnya, untuk lahan kawasan hutan, kami lakukan melalui proses pinjam pakai. Kami juga sudah bersurat ke Gubernur Jawa Timur untuk mendapat persetujuan,” terang Subur.

Ia juga menjelaskan, untuk pembebasan lahan milik masyarakat, pihaknya akan memberi ganti rugi melalui beberapa tahapan.

“Saat ini masih dalam proses pemberkasan, berlanjut pendaftaran. Dan jika data sudah lengkap,dari BPN akan menerbitkan peta bidang. Setelah itu baru kami lakukan penilaian dengan melalui pihak ketiga. Terakhir, kami melakukan musyawarah dengan para pemilik tanah,” urai Subur.

Subur berharap, dengan adanya pelebaran jalan ini mendapat dukungan dari masyarakat.

Apalagi, ikon Kabupaten Malang salah satunya adalah pariwisata yang kini semakin menggeliat.

Dengan pelebaran jalan nanti, tentu akses masyarakat semakin mudah serta turut mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Pewarta : Had Tris