Foto : Launching portal berita Dangdutpro.com (yog)

BACAMALANG.COM – Dangdut adalah musik asli Indonesia yang patut diperjuangkan sebagai warisan budaya dengan tercatat di Unesco. Salah satu bentuk perjuangan itu yakni dengan didirikannya portal berita Dangdutpro.com yang beralamat di Jalan Jaksa Agung Soeprapto II/52 Kota Malang.

“Sampai hari ini nampaknya belum ada media yang serius menggarap musik dangdut. Saya ndak tahu sudah ada yang serius atau belum. Tapi dari Malang saya akan memperjuangkan itu,” kata Pendiri Dangdutpro, A Hanan Jalil, beberapa saat lalu.

Bentuk perjuangan ini, lanjut dia, juga sudah didiskusikan dengan sejumlah budayawan di Kota Malang seperti Dwi Cahyono, Prof Djoko Saryono, Rina dan lainnya. “Dari beliau ini nantinya akan menjadi mentornya, bagaimana memperjuangkan dangdut bisa diakui UNESCO sebagai warisan dunia,” terangnya.

Dalam launching media Dangdutpro.com pada Sabtu (21/9/2019) siang, pihaknya turut mengundang Ratu dangdut Elvy Sukaesih dan Demy dan Demi dari Banyuwangi. Ribuan masyarakat pun penuh sesak memenuhi pelataran Batik Tulis Celaket yang menjadi lokasi acara.

Hadirnya ratu dangdut dan Demi ini, lanjut Hanan, memiliki filosofi tinggi terhadap Dangdutpro.com. Yakni dapat melahirkan raja hingga ratu dangdut dan musik dangdut sendiri tidak terjajah oleh musik apapun.

ԉ۪Karena saya yakin, hanya Ratu Dangdut yang bisa melahirkan Raja Dangdut atau bahkan melahiran Ratu Dangdut lagi. Kalau ditanya kenapa juga pilih Demy dari Banyuwangi, karena disana satu-satunya daerah yang tidak bisa ditaklukkan pada masa Majapahit.

Sementara itu, Walikota Malang Sutiaji menyampaikan apresiasinya terhadap Portal Berita Dangdutpro.com yang dinilai sebagai salah satu media yang turut serta melestarikan lagu dangdut di kancah musik nasional.

“Lagu dangdut harus terus dijaga dan dilestarikan; karena dangdut merupakan salah satu alat pemersatu bangsa kita” tandas Sutiaji. Ia juga berharap agar melalui lagu dangdut berbagai kreativitas dapat kita munculkan di Kota Malang; dari Kota Malang Untuk Indonesia dan Dunia.

Pewarta : Prayoga