Foto : Plt Bupati Malang peduli seni budaya (ist)

BACAMALANG.COM – Budaya menjadi sarana pemersatu bangsa yang patut untuk dilestarikan agar negara makmur dan bersatu.

Hal ini disampaikan Plt. Bupati Malang HM Sanusi saat menghadiri peringatan HUT ke-177 Desa Ngabab Kecamatan Pujon, Senin (12/8/2019).

“Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur, pelaksanaan Pawai Budaya juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya bangsa. Karena disadari atau tidak, bahwa kebudayaan sejatinya merupakan media yang ampuh dalam mempersatukan seluruh lapisan dari berbagai kalangan masyarakat,” tandas HM. Sanusi.

Seperti diketahui, Plt. Bupati Malang HM Sanusi MM, menghadiri acara bersih desa, Desa Ngabab, yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Acara Hari Jadi ke-177 Desa Ngabab ini merupakan awal dari rangkaian acara yang digelar hingga nanti berakhir pada 24 Agustus 2019.

Sanusi Hadir didampingi oleh Camat Pujon berserta Muspika serta beberapa perwakilan dari pimpinan dinas terkait.

Sanusi mengapresiasi masyarakat Desa Ngabab yang selama ini mampu menjaga keberagaman dengan baik.

Hal itu merupakan salah satu faktor pendukung untuk memajukan suatu daerah.

Ia mengatakan, eksistensi dan keberagaman budaya yang kita miliki harus tetap terbingkai dan membingkai indahnya kebersamaan. Keberagaman tersebut harus menjadi daya dorong utama dan pertama, dalam meningkatkan semangat, serta kecintaan kita kepada tanah air.

Sekaligus harus dapat menjadi penangkis pertama dan utama terhadap dampak negatif budaya-budaya lain, yang dapat mencabut akar budaya, sebagai jati diri bangsa.

Ia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat di Desa Ngabab, agar terus meningkatkan kerjasama dan gotong-royong.

Guna mendukung program-program perkembangan sektor pariwisata, menjadi harapan dan primadona yang mampu mendorong pertumbuhan dan peningkatan ekonomi daerah, sekaligus dapat menggerakkan sektor-sektor lain atau multiplier effects, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara luas.

Plt Bupati berpesan kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Malang, agar senantiasa menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di wilayah Kecamatan Pujon.

“Semoga niat baik kita, senantiasa mendapat ridho Allah SWT dan akan membawa berkah bagi kita semua, khususnya masyarakat Desa Ngabab Kecamatan Pujon, maupun masyarakat Kabupaten Malang. Dirgahayu Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, ” terang Sanusi mengakhiri.

Pewarta : Had Tris