BACAMALANG.COM – Polres Batu berhasil menangkap pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil yang beroperasi di Pangkalan Bakso Bapak Jenggot, Dusun Kajar, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Aksi tersangka terakhir kali dilakukan di samping Sekolah Selamat Pagi Indonesia.

Hal itu diungkap, pasa saat rilis kasus pencurian dengan pemberatan spesialis pecah kaca mobil, dengan tersangka atas nama Hariyanto (26), warga Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK mengatakan, Polres Batu megungkap kasus pencurian dengan pemberatan, berikut tersangka yang berhasil ditangkap satu orang.

“Tersangka saat ini yang berhasil kami tangkap sementara masih satu orang, tersangka satunya atas nama Hasan berhasil kabur. Namun, anggota hingga kini masih memburunya dan menetapkan sebagai DPO,” kata Harvi kepada wartawan, saat Konferensi Pers di Mapolres Batu, Jalan AP lll, Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Rabu (11/12/19).

Penangkapan tersangka berawal dari adanya laporan korban, itu setelah kaca mobilnya pecah. Dia mengaku kehilangan barang-barang berharga di dalam mobil yang saat itu tengah diparkir.

Mantan Kasubdit Regident Dirlantas Polda Jatim ini menambahkan, tersangka memecah kaca bagian pintu kiri depan mobil, yang terparkir di pinggir jalan. Kemudian tersangka mengambil barang-barang milik korban yang berada di dalam kendaraan tersebut.

“Barang yang diambil berupa satu unit handphone merk Samsung J3, satu unit Tablet atau iPad, dompet korban berisi identitas KTP dan ATM, kemudian ada sejumlah uang dalam pecahan real Arab Saudi beserta sejumlah surat-surat penting lainnya,” imbuh dia.

Mantan ajudan Kapolda Jatim di era Drs. Machfud Arifin, SH ini menjelaskan, bahwasanya tersangka dalam melakukan aksinya menggunakan baut berukuran 10 cm, yang kemudian dilemparkan ke kaca mobil.

“Tersangka melakukan aksinya di samping Sekolah Selamat Pagi Indonesia, di sebelahnya ada Warung Bakso Pak Jenggot. Waktu itu, korban bersama keluarganya sedang makan bakso dengan menggunakan mobil jenis Honda CRV. Setelah kembali korban kaget, karena kaca mobilnya sudah pecah,” terang Harvi.

Dari hasil penyelidikan, pihak kepolisian mendapatkan informasi dari masyarakat terkait dengan keberadaan tersangka.

“Selanjutnya kami melakukan penangkapan yaitu tanggal 6 Desember, kemarin hari Jumat pukul 2 dini hari yang bersangkutan termonitor ada di Bandara Juanda, Surabaya. Saat itu, tersangka diketahui akan kembali ke kampungnya di Ogan Komering Ilir atau Oki di Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Guna untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, saat ini tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Mapolresta Batu untuk diperiksa lebih lanjut.

“Kita kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan, dengan ancaman hukuman pidana 7 tahun penjara,” pungkasnya. (Eko)