hari ibu
hari ibu (ilustrasi)

BACAMALANG.COM – Ibu adalah sosok yang tergantikan dalam sebuah kehidupan. Jasanya tak kan ternilai oleh apapun, ada sebuah pepatah dibalik anak yang sukses ada ibu yang kuat.

Karena jasa-jasanya dibuatlah Hari Ibu untuk memberikan penghormatan kepada para ibu di dunia ini. Tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu. Selayaknya sebagai anak dan suami, walau tak memberikan hadiah, berikan ucapan kepada ibu di Hari Ibu yang akan jatuh pada Senin (22/12/2019).

Ada alasan khusus kenapa di Indonesia Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Hal tersebut bermula saat para perempuan Tanah Air yang tergabung dari berbagai organisasi berkumpul di Kongres Perempuan yang digelar di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta, pada 22 Desember 1928 silam.

hari ibu
hari ibu (ist)

Berbagai pandangan dan isu untuk mengubah nasib perempuan di Tanah Air dibahas dalam kongres tersebut, seperti pendidikan bagi perempuan, kawin paksa, perceraian semena-mena dan peran wanita yang bukan hanya sebatas pelayan suami saja.

Kongres tersebut digelar selama 2 hari, mulai 22 Desember hingga 25 Desember 1928 dan dihadiri sekitar 600 orang dari 30 organisasi.

Berawal dari kongres tersebut, kemudian terbentuk Perikatan Perkoempolan Isteri Indonesia (PPII). PPII terus menggelar kongres, hingga pada kongres ketiganya yang berlangsung dari 22 sampai 27 Juli 1938 di Bandung menetapkan Hari Ibu diperingati tiap 22 Desember.

Pemilihan tanggal tersebut untuk mengingatkan sejarah kesatuan pergerakan perempuan Indonesia dimulai 22 Desember 1928. Setiap tahun akan digelar peringatan untuk menghayati jasa perempuan di tanggal tersebut.

kongres perempuan
kongres perempuan (wartafeminis)

Setelah Indonesia merdeka, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Melalui dekrit tersebut Hari Ibu resmi menjadi Hari Nasional.

Sebagai info, Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan Hari Ibu di negara lain. Hari Ibu di negara lain diperingati untuk memberikan penghormatan kepada ibu yang telah bekerja keras bagi keluarga dengan cara memanjakannya. Sementara di Indonesia, Hari Ibu adalah momen untuk menandai emansipasi perempuan dan keterlibatan mereka dalam perjuangan kemerdekaan.(zuk)