Foto : Sekda Kabupaten Malang dalam suatu giat acara. (Hadi)

BACAMALANG.COM – Infrastruktur jalan menjadi sarana vital bagi perkembangan dan kemajuan perekonomian warga Kabupaten Malang.

Kawasan jalan sekitar Talangagung seiring berjalannya waktu, kini menjadi jalur strategis yang banyak dilalui aneka kendaraan.

Dampak dari adanya keadaan tersebut, menjadikan kondisi jalan di Talangagung mengalami kerusakan yang berakibat terendam air saat banjir.

Adanya kondisi ini tentunya banyak menjadi keluhan pemakai jalan di Kabupaten Malang.

Salah satu point’ utama adalah perlunya dilakukan perbaikan drainase di pinggiran jalan di Talangagung.

Menindaklanjuti hal tersebut maka Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang, berupaya melakukan perbaikan jalan dan drainase di Talangagung.

“Persoalan jalan kita rata-rata tidak ada drainase di pinggir jalan. Kalau pun ada kerap telah tertutup bangunan rumah, toko atau industri. Ini yang membuat jalan kerap jadi kubangan air. Bak jalur offroad yang berbahaya bagi pengendara,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Didik Budi Muljono, Rabu (11/09/2019).

Dikatakannya, semisal jalan Talangagung, Kepanjen, beberapa tahun lalu, di jalur itu kalau musim hujan, jalanan tertutup air dan berbagai lubang, retakan jalan menjadi tak terlihat pengendara. 

“Jadi sangat membahayakan waktu itu. Tapi setelah Dinas PU Bina Marga melakukan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan drainasenya sekaligus, tak ada jalur jalan bak off-road itu,” tukas Didik mengakhiri.

Pewarta : Had Tris