Kepala MAN 1 Malang (paling kiri) bersama Jufveda Farrelatha Firoos dan Naswa Jakmik Adani didampingi Wakasis MAN 1 Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Prestasi membanggakan ditorehkan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Malang. Raihan prestasi itu didapat pada kejuaraan Pencak Silat Paku Bumi VII Open Internasional 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Kejuaraan bergengsi itu diikuti 8 negara, masing-masing Indonesia, Jepang, Korea, Australia, Brunei, Vietnam, Rusia dan Belanda. Ada total 8 medali yang berhasil digondol pulang siswa MAN 1 Malang, dengan rincian 6 medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Salah satu siswa yang berhasil menyabet medali emas yaitu, Jufveda Farrelattha Firoos. Firoos yang kini duduk di bangku kelas X mengatakan, ini merupakan emas yang kesekian kalinya dari sejumlah kejuaraan yang telah diikuti.

“Dari kejuaraan pencak silat yang kami ikuti, sudah mendapatkan 4 medali emas, 1 perak, dan 2 medali perunggu,” ucapnya, yang juga berharap dapat berpartisipasi dalam Sea Games mendatang.

Terpisah, siswi peraih medali perak dalam kejuaraan Pencak Silat Paku Bumi VII, Naswa Jakmik Adani menuturkan jika dirinya telah mangasah kemampuan sejak duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). Bakat dan skill Naswa tidak terlepas dari orangtuanya, yang juga merupakan pelatih pencak silat Tapak Suci.

“Kami sudah mengikuti enam kejuaraan beladiri pencak silat. Berhasil dapat satu medali emas, 4 perak, dan satu medali perunggu. Dan yang terakhir dapat medali perak diajang Pencak Silat Paku Bumi VII Open Internasional 2019 di Bandung,” ungkap Naswa.

Sama seperti Firoos, Naswa pun ingin terus mengembangkan kemampuannya dan berharap bisa berlaga dalam ajang Sea Games. Dia pun memiliki cita-cita menjadi atlet pencak silat profesional yang bisa mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional.

Di sisi lain, Kepala MAN 1 Malang, HM Husnan menyampaikan, prestasi yang diraih anak didiknya sangat membanggakan. Terlebih lagi, pada kejuaraan itu juga diikuti atlet mancanegara.

“Ini prestasi yang luar biasa, karena siswa-siswi MAN 1 Malang mampu bertanding di kejuaraan pencak silat yang diikuti 8 negara,” tukas Husnan.

Penulis: Dhimas Fikri