Foto : Tebar Semangat Muharam (Temaram) PPDU. (ist)

BACAMALANG.COM – Pondok Pesantren Darul Ukhuwah (PPDU) Bamban yang terletak di Desa  Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, sukses menggelar Tebar Semangat Muharam (Temaram) pada Sabtu (7/9/2019) atau 8 Muharram 1441 Hijriyah.

Kegiatan yang mengusung tema Jujung Tinggi Semangat Perubahan Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kancah persaingan dunia ini, berlangsung sangat spektakuler. Para santri yang setiap hari bergulat dengan hafalan quran dan mengaji ini, mampu menyuguhkan hiburan yang luar biasa.

Begitupula para orang tua santri. Mereka sangat antusias untuk menyaksikan anak-anak mereka yang ternyata tidak hanya sekedar bisa mengaji, tetapi juga bisa menyalurkan bakat seni-nya.

Ketua Panitia Muhammad Izzudin Ramadhan, santri kelas VI (Tiga Aliyah), menyampaikan bahwa Tamaran X ini adalah spirut perubahan. Pihaknya pun menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk suksesnya acara ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak,” kata dia disela – sela acara yang dipandu  MC dengan menggunakan  tiga bahasa, Bahasa  Indonesia,  Inggris dan Bahasa Arab ini.

Foto: Santri PPDU. (ist)

Sementara itu, Pimpinan PPDU, KH. Dr. M. Ajir Munif, dalam kesempatan ini menceritakan sejarah berdirinya pondok yang saat ini telah berusia 10 tahun. Pada Februari 2009 lalu, pondok ini mendapat tanah wakaf seluas 5400 meter persegi dari lahan yang awalnya adalah kandang ayam dan kebun pohon pisang.

“Ini sejarah yang saat ini sudah berupa  bangunan gedung yang megah, dulu sekolah masih sederhana, kini sudah berkembang luar biasa,” kata Ajir menceritakan sejarah pondok yang diresmikan pada hari Jum’at, 1 Muharram 1431 ini.

Sebanyak 50 persen santri dari tiga angkatan, lanjut dia, bahkan telah melanjutkan studi ke luar negeri seperti Mesir,  Pakistan, Yordan dan Turki.  Sedangkan 95 persen lainnya melanjutkan belajar mencerak ulama perjuang. “Ini juga berkat do’a para wali santri,” terangnya.

Pondok yang telah mewisuda  94 alumni ini, sebut dia, juga mempunyai visi untuk mendirikan Universitas Darul Ukuwah dan menyiapkan beberapa orang untuk melanjutkan studi di Univeritas Brawijaya. Diantaranya yakni Ustadz Anang Triyulianto, kader yang  mewakafkan diri untuk pondok, dan Ustadz Saiful alumni S2 Darussalam Gontor sekaligus salah satu calon pengasuh PPDU di Rembang Jawa Tengah. Selain itu, ada pula alumni PPDU yang saat ini tengah belajar di Mesir juga akan menjadi salah satu kader PPDU.

“Kita ingin mengembangkan PPDU, yang jadi kader adalah para santri PPDU, untuk universitas harus ada rektor dan dekan semua adalah dari para santri,” paparnya.

Pewarta : Prayoga