Perwakilan pemerintah Denmark saat kunjungan di TPS 3R Mulyoagung Dau belum lama ini (ist)

BACAMALANG.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang tengah melakukan penjajakan kerjasama dengan pemerintah Denmark terkait penanganan sampah.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Kabupaten Malang, Renung Rubiyatadji mengatakan, awalnya ada lima kota/kabupaten yang dipanggil untuk melakukan presentasi didepan pemerintah Denmark.

“Kita kan di undang, presentasi apa yang kita lakukan. Ternyata mereka tertarik, beberapa waktu mereka kesini, ada enam orang. Kan rencananya kunjungan ke Mulyoagung dan Pujon, tapi akhirnya cuma ke Mulyoagung karena waktunya tidak mencukupi,” kata Renung, Jumat (22/11/2019).

Renung menambahkan, setelah melakukan kunjungan tersebut, pemerintah Denmark cukup apresiatif dan antusias melihat pengelolaan sampah yang telah dijalankan Pemerintah Kabupaten Malang.

“Akhirnya kita tanggal 19 kemarin di undang lagi untuk presentasi di Kedutaan Besar Denmark. Kita ditanya, apa yang dibutuhkan Kabupaten Malang. Akhirnya kita tampilkan mengenai konsep biomassa,” jelasnya.

Pria berkacamata ini pun menuturkan, konsep biomassa itu ditawarkan lantaran melihat potensi pertanian di Kabupaten Malang yang menjanjikan dan cukup besar.

“Hasil pertanian tebu, padi, itu kan daun sisanya panen dibakar. Kalau di Thailand kan tidak, itu dibuat tenaga panas. Kemudian mereka ingin tahu potensi pertanian tebu di Kabupaten Malang, nah itu yang tidak bisa kita jelaskan, kan kita tahu sendiri bagaimana kondisinya, sangat banyak. Ya penjajakan ini kan bagian dari pengurangan sampah, dari yang dibakar, diubah menjadi tenaga panas,” tukas Renung.

Penulis: Dhimas Fikri