Foto : Pra Musrenbang Lansia. (hum)

BACAMALANG.COM – Mengambil tajuk “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat”, Pra Musrenbang Lansia RKPD 2021 digelar Barenlitbang Kota Malang di Hotel Savana (21/11/2019).

“Ini adalah tahun ke-2 penyelenggaraan pra musrenbang tematik, yang salah satunya menyasar kelompok lansia kota Malang. Dan ini diikuti sekitar 75 peserta,” info Dwi Rahayu, Ka Barenlitbang.

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, mengawali pembukaan Pra Musrenbang Lansia menekankan pentingnya menghimpun berbagai dan ragam pemikiran dalam merumuskan serta menyusun program kegiatan pembangunan kota Malang untuk tahun anggaran 2021.

“Salah satunya dari Bapak/Ibu Lansia. Terlebih angka harapan hidup di Indonesia dari waktu ke waktu makin baik. Di kota Malang angka harapan hidup ada pada kisaran 72 tahun. Ini artinya kesadaran hidup sehat makin baik. Yang itu maknanya peran Lansia makin diharapkan,” ujar Bung Edi, demikian Wawali Malang akrab disapa.

Diutarakan pula oleh Bung Edi, lansia kota Malang ini mau di bawa kemana, mau seperti apa. Yang utama dan yang pertama menurut suami Hj. Elly Edi Jarwoko ini adalah membangun derajat kesehatan.

“Karena begitu faktor itu terwujud, maka aspek kemandirian, sejahtera, dan bermartabat akan secara otomatis terbangun. Dan dengan potensi pengalaman lansia, itu yang harus dimanfaatkan secara positif dan konstruktif, sehingga dengan pengalaman itu juga yang menyimpan dan menjadi sejuta energi pembangunan kota Malang.

Secara khusus Sofyan Edi juga menekankan pentingnya mengoptimalkan secara terus menerus kawasan ramah lansia. Diantara parameternya adalah mewadahi secara baik fasilitasi kesehatan lansia, kemandirian, pengkayaan taman taman lansia, posyandu lansia serta aksesibilitas infrastruktur yang memadai dan ramah lansia. (Hum/Yog)