thailand traveler
thailand traveler (freepik)

BACAMALANG.COM – Punya rencana untuk traveling di Thailand? Gak usah takut deh, bahkan bagi first time traveler sekalipun. Thailand adalah salah satu dari surga wisata bagi para traveler.

Menjelajah Thailand dijamin sangat menyenangkan loh guys. Kalian bisa menikmati indahnya pantai, eksotisnya kuil-kuil dan budaya, mencicipi kuliner yang lezat hingga kuliner ekstrem. Selain itu, Thailand juga dikenal sebagai surga belanja di Asia Tenggara. Buat kalian yang hobi shopping, Thailand wajib kalian kunjungi.

Supaya liburan kalian semakin menyenangkan, sebaiknya pelajari dahulu seluk-beluk tentang Thailand. Untuk membantu kalian, Bacamalang.com bagi-bagi tips nih. Mulai dari apa saja yang harus disiapkan dan yang perlu kalian hindari selama di Negeri Gajah Putih, yuk scroll sampai habis!

Pakaian

source: Wanderlust Travel Magazine

Selama liburan di Thailand, kalian mungkin akan mengunjungi beberapa kuil. Perlu kalian perhatikan, pakaian yang harus kalian kenakan haruslah sopan. Sebagai tempat ibadah, sebaiknya kenakanlah busana yang tertutup. Hindari menggunakan rok atau celana pendek, atasan tak berlengan atau atasan dengan potongan leher terlalu rendah.

Salam

source: Koh Samui Sunset

Tak berbeda dengan orang Indonesia, warga Thailand juga sangatlah ramah. Ketika bertemu dengan masyarakat Thailand, kamu akan disapa dengan senyum dan salam yang hangat. Salam masyarakat Thailand dikenal dengan sebutan Wai. Wai berupa bahasa tubuh dengan sedikit menundukkan kepala sambil mengatupkan telapak tangan di depan dada. Balaslah salam tersebut dengan cara yang sama. 

Tuk Tuk

source: bangkok

Tuk tuk adalah transportasi khas di Thailand yang menyerupai bajaj. Menaiki tuk-tuk merupakan pengalaman lebih dan cara praktis untuk berkeliling. Namun, kalian juga perlu berhati-hati jika menaiki transportasi ini. Lakukan kesepakatan harga di awal agar kamu tahu pasti tarif yang harus dibayarkan. Hindari menaiki tuk tuk di area wisata. Sebenarnya ada banyak jenis transportasi di Thailand yang bisa kalian manfaatkan, khususnya di Bangkok, seperti kereta MRT dan BTS, bus, taksi hingga taksi online.

Bawa seperlunya

source: kumparan

Gak usah deh bawa baju banyak demi foto-foto OOTD di Thailand. Bawa seperlunya aja, apalagi kalau tujuan kalian adalah Bangkok. Saat jalan-jalan ke Bangkok, pasti kamu akan belanja banyak karena Bangkok merupakan surga untuk belanja, jadi gak usah khawatir kalian gak bisa dapatkan foto OOTD. Untuk itu, cukup bawa barang yang penting untuk traveling saja. Jangan sampai menyesal karena terlanjur memborong banyak dan harus membayar biaya kelebihan bagasi. Apalagi harga pakaian disana tergolong ramah di dompet.

Casual

source: ist

Pakaian yang paling cocok digunakan selama di Thailand adalah casual. Bawalah sepatu dan baju yang nyaman dengan warna natural atau polos agar bisa di mix and match. Selain itu, pakaian casual akan menyelamatkan kalian dari cuaca panas, panasnya sama kayak Jakarta euy! Sneakers juga akan membantu kalian merasa nyaman berjalan kaki, karena di Thailand kalian akan lebih sering berjalan kaki. Jangan lupa sunscreen untuk melindungi kalian dari panasnya matahari. 

Berfoto di depan patung Buddha dan poster raja

source: freepik

Sangat penting kalian perhatikan, jika kalian ingin berfoto di depan patung Buddha atau poster raja, jangan sekali-kali menginjak atau berpose dengan pose menghina di depan patung Buddha dan poster raja. Mayoritas masyarakat Thailand beragama Buddha dan sangat menghormati patung Buddha sekecil apapun. Di samping itu, masyarakat Thailand sangat menghormati raja mereka. Jangankan mencoret poster raja, bicara buruk soal raja saja bisa membuat kamu tidak bisa balik ke Indonesia.

Bagiamana, tips traveling ke Thailand ini memudahkan kalian sebelum traveling ke Thailand bukan? Semoga perjalananmu ke Thailand menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Enjoy your traveling!(zuk)