BACAMALANG.COM – Ajang Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) di Sidoarjo pada 2020 nanti, telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Salah satunya dengan menggelar event Wali Kota Cup 2019 untuk cabang olahraga (cabor) renang yang berlangsung pada Rabu (20/11/2019) hingga Kamis (21/11/2019) di Kolam Renang Universitas Negeri Malang (UM).

Kompetisi ini diikuti oleh 106 atlet putra dan putri yang terdiri dari pelajar dari tingkat SMP dan SMA. Ada 5 nomor perlombaan untuk masing-masing kategori jenjang pendidikan, baik perempuan dan laki-laki. Yakni, terdiri dari gaya bebas 100 meter dan 50 meter, gaya kupu-kupu 100 meter, gaya punggung 100 meter, dan gaya dada 100 meter. “Di kompetisi ini ada nilai semangat dan rasa kepercayaan diri. Dua hal itulah yang kami persiapkan untuk kontingen nanti,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Kondisi Kolam Renang Gajayana yang masih dalam perbaikan, akan segera diusahakan Pemkot Malang untuk mencari alternatifnya demi atlet renang bisa berlatih. Dengan begitu, Sutiaji optimis Kota Malang akan memborong medali. “Yang dulu kita dapat 7 emas. Targetnya ya harus lebih. Tentu jangan sampai terhambat karena alasan bahwa kolam renang tutup,” tandasnya.

Untuk perbaikan Kolam Renang Gajayana tersebut, Sutiaji mengatakan, anggaran dimasukkan ke perubahan anggaran keuangan (PAK) 2020. Kolam Renang Gajayana sendiri rencananya akan dirombak sesuai kolam renang tipe C atau berstandar nasional. “Untuk tipe C itu saja butuh Rp 60 miliar. Untuk saat ini memang kondisinya akan seperti itu. Akan segera diperbaiki. Kira-kira tahun 2022 kolam renang itu baru bisa dipakai kembali,” terangnya. (*)