kekerasan anak
kekerasan seksual anak

BACAMALANG.COM – Beberapa waktu lalu, Kabupaten Malang digemparkan dengan terkuaknya beberapa kasus aksi bejat seorang ayah kepada anak perempuan kandungnya.

Seperti yang dilakukan Abdul Jalil dan Munirul. Keduanya nekat melakukan pencabulan terhadap anak perempuannya yang masih di bawah umur. Bahkan Abdul Jalil tega menyetubuhi anak kandungnya hingga 9 kali.

BACA JUGA: Bejat! Bapak Residivis Ini Setubuhi Anaknya Sampai 9 Kali

Kedua pelaku kini telah ditangkap oleh aparat kepolisian. Hal tersebut diungkapkan dalam konferensi pers Polres Malang pada Rabu (13/11/2019).

Jumlah terungkapnya kasus di atas, dimungkinkan bisa bertambah. Hal itu, karena hingga kini banyak kejadian kekerasan seksual pada anak yang tak dilaporkan.

Guna mencegah anak dari kekerasan seksual, berikut beberapa informasi yang patut orang tua ketahui agar anak dapat mengenal ada pelecehan seksual;

Ajarkan anak tentang anatomi tubuh

Berikan pengetahuan anatomi tubuh kepada anak sedini mungkin. Kenalkan nama-nama bagian tubuh anak, terlebih bagian tubuh yang privasi. Hal ini berguna agar anak bisa menjelaskan apa yang orang lain lakukan kepada dia, seperti “orang itu memegang payudaraku”.

Bagian tubuh yang boleh dilihat dan tidak

Jelaskan kepada anak ada bagian tubuh yang boleh dilihat dan disentuh dan ada pula yang tidak boleh dilihat dan disentuh. Seperti boleh berjabat tangan tapi tidak boleh menyentuh bagian tubuh lain yang tertutup.

Sentuhan

Orang tua patutnya menjelaskan kepada anak ada sentuhan yang bersifat kekerasan, seperti ketika seseorang memukul, menampar, menendang.

Kenalkan pelecehan seksual

Berikan pengetahuan kepada anak bahwa sentuhan pada bagian-bagian tubuh privat merupakan sebuah pelecehan seksual. Seperti meraba celana atau rok mereka.

Berani berkata “Tidak!”

Ajarkan kepada anak agar berani menolak bujuk rayu atau paksaan pelaku kejahatan kekerasan seksual. Berani mengatakan “tidak” atau “tolong” dengan suara lantang agar orang sekitar waspada terhadap pelaku.

Mendampingi selalu anak

Berikan perhatian penuh terhadap anak dan berikan kenyamanan agar anak dapat terbuka serta menceritakan segala hal tentang perasaan-perasaannya.

Laporkan ke pihak berwajib

Jangan sekali-kali takut untuk melaporkan tindak kejahatan seksual kepada polisi. Dampingi anak untuk melaporkan tindak seksual pelaku kepada polisi.

Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menjelaskan para korban pelecehan, pencabulan ataupun kekerasan seksual tidak harus berdiam diri.

“Banyak sekali saya menemukan korban pencabulan oleh ayah, orang lain, yang berlangsung cukup lama. Sekarang saya mengimbau, kepada adek-adek, anak-anak yang masih belajar ataupun tidak, untuk berani speak up. Sampaikan apa yang menjadi keraguanmu, apabila ayah, kakak, atau yang lain sudah bertingkah abusive maupun kekerasan seksual,” kata Tiksnarto, Rabu (13/11/2019).(zuk)

BACA JUGA: Saat Mandi Sering Diintip, Anak Ini Jadi Korban Pencabulan Bapaknya