agung hercules
agung hercules (ig)

BACAMALANG.COM – Dunia hiburan tengah diselimuti kabar duka dengan meninggalnya Agung Hercules. Agung Hercules menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (1/8/2019) sore di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat setelah berjuang melawan kanker otak stadium empat. 

Jenazah Agung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, Bandung, Jumat (2/8/2019). Sebelum meninggal dunia, artis yang dikenal dengan tubuh atletisnya ini sempat drop. Kesehatannya memang terus mengalami penurunan. Ia bahkan sempat mengalami masa koma.

BACA JUGA: Kabar Duka, Sam Agung Hercules Meninggal Dunia

Tak banyak diketahui, berikut rangkuman sejarah kehidupan Agung Hercules;

Arek Malang

agung hercules
Agung Hercules (depan kanan) saat berbaur dengan sesama Aremania (ist)

Hanya segelintir orang yang mengetahui Agung Hercules adalah seorang berdarah “Arema” (Arek Malang). Nama asli Agung Hercules adalah Agung Santoso. Ia dilahirkan di Malang, Jawa Timur, pada 9 Februari 1968. Sebelum ia hijrah ke Jakarta, Agung adalah salah satu binaragawan terbaik di Malang. Ia bahkan sempat menorehkan prestasi di ajang Pra Pekan Olah Raga Nasional (PON) 1998.

Mengawali Karier di Olahraga

Agung Hercules @instagram

Agung Hercules mengawali kariernya dari dunia olahraga binaraga. Ia pernah menjadi salah satu binaragawan terbaik di Malang. Cabang binaraga digeluti Agung dengan serius dan tampil di berbagai ajang perlombaan. Bahkan, Agung pernah menempati peringkat 6 di ajang Pra Pekan Olah Raga Nasional (PON) 1998. 

Instruktur Pusat Kebugaran

Agung Hercules @instagram

Walau mentereng di dunia binaragawan, ia pada akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan karier sebagai atlet. Agung Hercules mengaku saingan di bidang binaraga cukup berat. Agung mengurungkan niat untuk menjadi binaragawan dan pindah ke Jakarta untuk merintis karier di dunia hiburan dan pelatih di pusat kebugaran.

Sinetron Saras 008

(theworldnews)

Jalan menuju dunia entertainment Agung Hercules dimulai pada 1999. Agung mendapatkan tawaran untuk bermain dalam sinema elektronik (sinetron) Saras 008. Agung memerankan peran Milky Man di Saras 008. Milky Man adalah seorang pahlawan yang sering membantu Saras melawan Mr. Black.

Multitalent

Agung Hercules @instagram

Agung Hercules merupakan sosok artis yang multi-talenta. Selain bisa berakting di seni peran, sang binaragawan juga memiliki bakat lainnya di dunia tarik suara. Ia dikenal sebagai penyanyi dangdut profesional sejak merilis singel Astuti (2003). Lagu ini menjadi viral setelah diunggah di akun YouTube pada 2009 silam.

Agung sebenarnya sudah tak asing dengan bidang tarik suara. Sejak kelas 6 SD, Agung sudah bergabung dengan orkes melayu di Malang. Dari sinilah Agung kemudian berkesempatan mengembangkan bakatnya.

BACA JUGA: Kabar Duka, Sam Agung Hercules Meninggal Dunia

Agung Hercules merupakan sosok pria yang kental akan jargon ‘Tak Goyang Barbel Melayang’. Pria yang dikenal berambut panjang dan selalu membawa mikrofon berbentuk barbel ini dikenal sebagai penghibur yang penuh canda. Ia juga membuka usaha kuliner bertajuk Bakso Barbel.

Agung Hercules dirawat di rumah sakit karena divonis mengidap kanker otak. Bahkan, sejak Juni 2019, kanker yang menyerangnya sudah memasuki stadium empat. 

Sebelum meninggal dunia, Agung Hercules menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Bandung, Jawa Barat. Namun karena keadaannya terus mengalami penurunan, maka ia dirujuk ke Rumah Sakit Dharmais Jakarta. Sempat keluar dari rumah sakit, kondisi Agung Hercules mendadak drop, hingga akhirnya mengembuskan nafas terakhir pada 1 Agustus 2019.

BACA JUGA: Penyanyi dan Aktor Asal Malang Ini Dikabarkan Kanker Stadium 4

Editor : Marzuki



.