Foto : KKN FEB Unisma di Desa Ngijo (tim kkn)

KKN adalah sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu dalam jangka waktu sebulan.

Perjalanan kami dimulai tepatnya pada Minggu 4 Agustus 2019. KKN FEB UNISMA Tahun 2019 dengan program kerja yang bermanfaat, khususnya bagi warga RW 05 Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sesuai Visi dan Misi kami menciptakan kampung yang bersih indah, nyaman, ramah dan layak anak yang mempunyai edukasi dalam pelestarian lingkungan di awali dengan Mural Art yang bertemakan “Globalisasi Budaya” yang di isi oleh seniman Art dari beberapa kampus terkemuka di Kota Malang, antara lain, Prodi Seni Rupa Murni (Universitas Brawijaya), UKM Seni Sanggar Minat (Universitas Negri Malang), UKM Seni Theatrisic (Politekhnik Negri Malang), dan UKM Seni Kompeni (STIKI). pemafaatan Tembok kosong dengan Panjang 40 meter dan lebar 3 meter kami memberikan sebuh pesan moral melalui gambar yang sangat menarik dan mempunyai nilai edukasi yang mendidik bagi anak-anak dan Mapping Map Area RW 05 Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Tepat Hari Raya Idhul Adha Kami dengan berbondong-bondong membantu penyembelihan hewan qurban dan pendistribusian hewan qurban kepada warga RW 05 Desa Ngijo, tak bisa kami lupakan candaan dan gurauan para Bapak RT dari 01-08 RW 05 Desa Ngijo sangat hangat menyambut kami dengan senang hati. “Le karo Nduk aku Bapak Sukir RT 08 ngewakili konco-konco matur suwon temenan wis di rewangi teko mbeleh,resik-resik weteng e sapi nang kali, resik-resik omah e pak modin, masjid di sikati, mushola di pel i pangeran sing mbales yo nduk le, hendang lulus mugo-mugo bijine apik”…aminnnnn” artinya Mas dan Mbak KKN Saya Bapak ketua RT 08 mewakili teman-teman RT yang lain saya mengucapkan banyak terima kasih yang artinya Masa dan Mbak KKN saya Bapak Sukir Ketua RT 08 mewakili teman-teman yang lain saya mengucapkan banyak terima kasih sudah di bantu menyembelih hewan qurban, membersihkan perut isi perut sapi ke sungai, membersihkan rumah pak Mudin, membersihkan Masjid smapai di sikat bersih, sampai membersihkan Mushola di pel, Tuhan yang membalas semoga nilainya baik dan cepat lulus amin…!!!. Jadi semakin semangat nih kita.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 74, KKN FEB UNISMA jadi petugas upacara dan sebagian menjadi petugas upacara, walaupun kita sibuk tapi kita semua menyempatkan hadir dan mengikuti upacara dengan khitmad karena menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan itu wajib di lanjutkan dengan malam harinya kita mengadakan acara gebyar pentas seni. Masih dalam rangka kemerdekaan kita mengadakan Talk Show “Bergaya di Era Digital dengan Berwirausaha tanpa melupakan PBB” disisi lain kebanyakan temen-temen sudah jadi pengusaha sukses ada yang desaigner, konveksi, kuliner dan yang tak kalah menarik kami juga mengundang bintang tamu dari DELVIRA MANAGEMENT sebuah klink kecantikan khusus wanita mulai dari perawatan tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepala dan berbagai usaha lainnya. Lanjut di malam Resepsi HUT RI KE 74 di RW.05 Desa Ngijo Kecamatan Karangploso kami ikut andil dalam acara tersebut dengan membuat formasi tim Paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka eits…..tak ketingglan MC yang sudah melanglang buana juga ikut memeriahkan suasana pada malam itu.

Hari terus berganti Waktu terus berputar tak terasa program kerja kita sudah berjalan sejauh ini sampailah kita. Dipenghujung program kerja di RW05 kami membuatkan Nomor Rumah dari akrilik di setiap rumah Warga, subhanallah respon para Perangkat Desa, Bapak Rw, Bapak Rt dan seluruh warga sangat antusia jadi makin semangat nih kita, lanjut kita koordinasikan ke Bapak RT dari RT 01-08 sambil menempelkan nomor rumah dan membagikan undangan penutupan KKN, sedih banget rasanya Bapak Ketua RW 05 pun apa yang anak-anak sudah kerjakan semoga mendapatkan ridho dari Allah, SWT amin semoga visi dan misi KKN FEB UNISMA kedepan menjadi Baik dan bermanfaat bagi semuanya khususnya di Warga RW.05 Desa Ngijo amin.

Perdebatan, merasa tidak dihargai, Emosi, perbedaan pendapat sudah kita lalui Bersama, genap satu bulan tepat kita mengabdi kepada masyarakat. KKN itu katanya syarat kelulusan untuk kita melangkah ke jenjang selanjutnya yaitu Skripsian, KKN itu Ribet kami harus memikirkan program kerja yang berguna bagi Desa. KKN itu maksa kita untuk bersosialisasi, KKN itu menguras emosi, jiwa, tenaga dan pikiran dengan adanya KKN kita bisa melihat berbagai macam karakter pada teman sendiri maupaun masyarakat umum. KKN itu kita di paksa untuk bersosialisasi dengan warga, semoga suka duka tawa dan canda yang kita rasakan akan menjadi kenangan. Kawan tetap jaga kekompak dan kebersamaan perjlanan kita tinggal selangkah lagi untuk bisa wisuda Bersama-sama KKN itu Mantab, Pengabdian, Semangat, Kekeluargaan, Rasa, Kebersamaan dan Tanggungjawab.

Desa Ngijo sendiri adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis Desa Ngijo terletak pada posisi 7°20′-7°31′ Lintang Selatan dan 109°08′-110°10′ Bujur Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa daratan sedang yaitu sekitar 525 m di atas permukaan air laut. Desa Ngijo terbagi dalam menjadi 15 RW (Rukun Warga) dan Delapan Dusun antara lain: Dusun Kagrengan, Dusun Kedawung, Dusun Ngijo, Dusun Ngepeh, Dusun Takeran, Dusun Kendalsari, Dusun Leses, Dusun Perum GPA (Griya Permata Alam).

Penulis : Lutfia Fatmawati (Wakil Ketua KKN FEB UNISMA tahun 2019)