Bazar Durian di Ngantang, Sukses Tarik Ribuan Pengunjung

Foto: Bupati Malang Drs. H. Muhammad Sanusi, MM, saat menikmati durian Ngantang. (Eko)

BACAMALANG.COM – Event Bazar Durian dengan mengusung tema “Maju Bersama” yang digelar di Dusun Kasin, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang sukses menarik ribuan masyarakat untuk hadir.

Tak hanya dari warga masyarakat setempat, namun mereka juga datang dari luar Kabupaten Malang. Kegiatan ini tidak hanya menyajikan beragam pentas seni, festival durian serta bazar UMKM hasil pertanian khas Ngantang.

Bazar Durian yang menjadi salah satu agenda dalam Kalender Event Tahunan Kabupaten Malang 2020 itu, juga menyajikan durian murah yang bisa dikonsumsi langsung oleh pengunjung.

Kegiatan ini dihadiri Drs H. M. Sanusi, MM Bupati Malang, Hj. Anis Zaidah Sanusi Ketua Penggerak PKK Kabupaten Malang, Adi Sugiono Anggota DPRD, Dr Made Aria SH, M.Si Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dra Pantjaningsih Sri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Drs Suwaji Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarat.

Turut hadir juga, Kapten Arm Heru Santoso Danramil 0818/04 Ngantang, AKP Suyatno S.Sos Kapolsek Ngantang, Ahmad Taufik J. STP Camat Ngantang, KH. Subianto Tokoh Agama, Kusri Kepala Desa Jombok, Sutarji Ketua Panitia sekaligus Kasun, Kepala Desa Ngantang dan masyarakat setempat.

Foto: Sinergitas TNI-Polri. Kapolsek Ngantang, Polres Batu AKP Suyatno, S.Sos, saat sesi foto bersama Danramil 08/18 Ngantang, Kapten Arm Heru Santoso disela-sela giat pengamanan Bazar Durian. (Eko)

Bupati Malang Drs. H. Muhammad Sanusi, MM dalam sambutannya menyampaikan, intisari atas semua kegiatan ini merupakan antusiasme masyarakat terhadap komoditi yang ada.

“Ya, seperti hari ini pun sudah digelar festival durian dengan berbagai produk lokal yang ada di Ngantang,” kata Sanusi saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan, Minggu (1/3/2020).

Sementara itu, terkait dengan pengamanan juga terbilang kondusif tanpa ada suatu kendala. Hal itu berkat sinergitas antara TNI-Polri, Ormas PP, Linmas, Banser beserta warga masyarakat setempat.

Kapolsek Ngantang Polres Batu, AKP Suyatno, S.Sos mengatakan, bahwa anggota yang dikerahkan untuk pengamanan sekitar 30 personel.

“Dari jajaran Polsek Ngantang berjumlah 30 orang, mereka bergabung dengan Linmas, Banser, Ormas Pemuda Pancasila dan masyarakat. Pada intinya kami bersama-sama mengamankan Event Bazar Durian ini,” kata Suyatno sapaan akrabnya.

Iapun mengaku lega, event tersebut lantaran telah sukses digelar. Bahkan, juga mendapat apresiasi dari beberapa pengunjung.

“Pembukaan Bazar Durian dan Produk Unggulan dengan tema Maju Luar Biasa, bertujuan untuk mengangkat ekonomi masyarakat. Dimana masyarakat tidak hanya menjual buah durian saja, akan tetapi juga bibit durian serta beberapa aneka olahannya, baik makanan dan minuman dari buah durian itu sendiri,” tambah dia. (Eko)