Menciduk Laba dari Hobi Menghias Otomotif, Arik Geluti Cutting Sticker

Arik Budi (kaos putih) di tokonya. (ist)

BACAMALANG.COM -Tren hobi menghias otomotif semisal mempercantik sepeda motor dan mobil semakin meningkat selama pandemi.

Peluang ini tak ayal menjadikan pelaku bisnis cutting sticker seperti Arik Budi semakin bersemangat jalani usaha.

“Kami mempunyai brand produk SWR Family Sticker. Kami buka usaha sejak bulan Februari 2019, dengan modal awal Rp.15.000.000,” tandas pelaku usaha Cutting Stiker Arik Budi, Minggu (28/2/2021).

Berawal dari Hobi

Alasan kenapa memilih jenis usaha ini, menurutnya bermula dari hobby yang ditekuni.

Ia menuturkan, gambaran potensi pasar cukup bagus. “Untuk target dan potensi pasar saya rasa cukup bagus, terutama yang memiliki kegemaran dan ketertarikan di bidang cutting sticker untuk kendaraan dan lain lain,” paparnya.

Sehari-harinya ia menjalankan usaha di
Jalan Budiono No. 18 Punten Kota Batu. Ia kini mempunyai 2 karyawan.

Ia menjelaskan, mempunyai banyak pelanggan. “Ada banyak orang yang cocok dengan pekerjaan dan karya saya,” tuturnya.

Untuk harga produk dipatok mulai Rp 10.000 ribu untuk produk sticker kecil. Untuk pengerjaan cutting tergantung ukuran dan tingkat kerumitan .

Kiat Eksis Pandemi, Gencar Promo

Untuk omset per bulan sebesar Rp 5.000.000/bulan. Ia menceritakan, adanya pandemi cukup berdampak pada usaha yang digelutinya.

“Ya cukup berdampak, Karena kondisi ekonomi masyarakat juga tentunya mengalami perubahan sehingga berdampak pada penjualan dan reservasi pengerjaan. Makanya kami coba bertahan dengan gencar promosi menggunakan sosmed, rekomendasikan usaha kepada rekan-rekan terdekat, memberikan promo diskon kepada pelanggan dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” katanya.

Ia menjelaskan cara penjualan produk yaitu secara offline, yakni pelanggan bisa langsung datang ke outlet dan Request desain sesuai keinginan mereka. Untuk Online : Bisa melalui akun FB dan beberapa iklan yang terpasang di marketplace.

“Ya, di masa pandemi seperti sekarang yang paling bisa diandalkan adalah penggunaan media digital,” tukasnya.

Ia mengatakan harapan ke depan untuk usaha semakin berkembang, bisa melayani request pelanggan tidak hanya dari dalam kota dan sekitar saja, namun dari luar daerah pun semoga bisa dilayani. Bisa lebih dikenal keberadaanya oleh para penggemar cutting stiker, dan tentunya bisa memberdayakan orang lain untuk menjadi SDM di tempat usahanya sehingga bisa bekerjasama dan bisa berbagi rezeki bersama.

“Kalau ingin tahu informasi lebih banyak bisa mengecek di Facebook dan Instagram. FB Arik Budi ( SWR Family Sticker ) dan IG SWR Family Sticker,” pungkasnya. (had/zuk)