Sosialisasi Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dikala Pandemi Covid-19 dengan Minum Jamu

Foto: Sosialisasi minum jamu. (ist)

BACAMALANG.COM – Para Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) periode 30 Januari 2021 sampai dengan 3 Maret 2021, mahasiswi Universitas Islam Malang yang berdomisili di Banjararum, Singosari, Kabupaten Malang melakukan sosialisasi manfaat minum jamu untuk meningkatkan daya tubuh kepada pegawai Kantor UPT Malang dan warga sekitar Kantor UPT Malang.

Mahasiswi Universitas Islam Malang yang juga pegawai Kantor UPT Malang melakukan kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk upaya Optimalisasi Peranan Perusahaan bagi masyarakat.

Seperti yang Kita ketahui, pandemi COVID-19 ini tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan tapi juga bidang ekonomi. Salah satu yang merasakan dampak ekonomi akibat Pandemi COVID-19 ini adalah warga sekitar perkantoran yang berprofesi sebagai penjual di sekitar perkantoran, dimana penjual menggantungkan penghasilannya dari pegawai-pegawai perkantoran.

Pada masa pandemi ini, banyak perkantoran yang menerapkan sistem work from home sehingga berdampak pada penghasilan para penjual sekitar perkantoran.

Sosialisasi ini tidak hanya meningkatkan kesadaran minum jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga memberikan peluang peningkatan penghasilan warga sekitar kantor UPT Malang yang berprofesi sebagai penjual dengan penjualan jamu.

Selain sosialisasi, mahasiswi juga membagikan buku panduan Pembuatan Jamu Segar yang Baik dan Benar sesuai Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Keluaran dari sosialisasi ini adalah produk jamu yang dijual oleh warga sekitar kantor UPT Malang. Jamu ini tidak hanya dijual ditoko milik warga sekitar kantor UPT Malang tetapi juga dijual di Koperasi Kantor UPT Malang.

Dengan adanya jamu yang dijual di Koperasi Kantor UPT Malang diharapkan tingkat konsumsi jamu pegawai kantor UPT Malang meningkat, sehingga pada masa Pandemi COVID-19 ini pegawai kantor UPT Malang memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Pegawai kantor UPT Malang yang meminum jamu yang dijual di koperasi tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh pada masa pandemi COVID-19 ini tetapi juga meningkatkan penghasilan warga sekitar kantor UPT Malang dengan membeli jamu hasil produksinya. (*/had)

Penulis :
Mahasiswa/mahasiswi KSM Tematik Berbasis Keilmuan dan Domisili Kelompok 69 Universitas Islam Malang

Dosen Pembimbing Lapangan :
Ahmad Syaifudin, SH, MH, CIIB, QCRO.