Peringati HUT ke-107 Kota Malang, Dilaunching Vaksinasi Drive Thru Bagi Lansia

Foto: Stefanus Hidayat, 66, salah seorang lansia warga Malang saat menjalani vaksinasi dengan metode Drive Thru di Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (1/4/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Ada yang spesial dalam peringatan HUT ke-107 Kota Malang, Kamis (1/4/2021). Pemkot Malang melaunching Vaksinasi Drive Thru Bagi Lansia, yang digelar khusus di hari jadi Kota Malang Kamis tanggal 1 April 2021.

Vaksinasi Drive Thru tersebut dilaksanakan di wilayah parkir di Tareko Kota Malang. Para lansia cukup diantarkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2. Mereka tidak perlu turun, nantinya petugas yang akan menghampiri di masing-masing pos. Mulai dari, pos regristasi, skrining kesehatan, penyuntikan, hingga ke meja observasi.

“Saya bersyukur bisa mengikuti vaksinasi seperti ini, tak perlu turun dari kendaraan,” ungkap Stefanus Hidayat, 66, usai menjalani vaksinasi, Kamis (1/4/2021). Stefanus yang datang datang bersama putranya dengan motor, melaksanakan proses vaksinasi tahap pertama ini setelah melakukan pendaftaran melalui website vaksinlansia.malangkota.go.id.

Ia menepis anggapan bahwa vaksinasi covid ini akan berdampak buruk bagi lansia. “Justru saya ikut vaksin supaya sehat dan kebal,” tandasnya.

Walikota Malang, Sutiaji berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan vaksin di sela-sela gelaran peringatan HUT Kota. Menurut Walikota Sutiaji, pelaksanaan vaksin dengan metode Drive Thru ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat, utamanya para lansia agar lebih nyaman.

“Drive thru itu bukan hanya kemudahan saja tapi menunjukkan bahwa vaksin itu tidak berbahaya dan tak perlu ditakuti. Jadi, selain menujukkan kemudahan kita viralkan bahwa vaksin tidak membahayakan,” ujarnya.

Melalui vaksinasi kali ini, lanjut Sutiaji, kami ingin menunjukkan bahwa Kota Malang telah siap menerima vaksin, masyarakatnya juga memiliki kesadaran tinghi dan tidak takut vaksin. “Kami ingin program vaksinasi ini dipercepat; kami akan kerjasamakan dengan halodoc,” tutur Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menambahkan, vaksinasi drive thru lansia ini sementara hanya digelar di hari ulang tahun Kota Malang di kawasan Mini Block Office (Tareko).

“Namun pencanangan ini diiringi pula dengan proses vaksinasi lansia di 80 Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kota Malang, baik puskesmas, rumah sakit ataupun klinik,” jelasnya.

Husnul menuturkan, vaksinasi lansia kali ini terbagi dalam sistem drive thru sebanyak 80 kuota, dan sekitar 220-an berada di RS Lavalette, mulai jam 7 pagi di hari yang sama.

Ia menguraikan, bagi warga lansia yang tidak terakomodir pada hari ini, selanjutnya dapat mendaftar di puskesmas masing-masing. “Pelaksanaannya secara bertahap, menyesuaikan dengan dosis atau quota yang dikirim dari Pusat,” pungkasnya. (ned/lis)