Aksi Sosial di Gondanglegi, Bupati dan Forkompimda Buat Warga Berkerumun

Warga nampak berkerumun dalam aksi sosial Bupati dan Forkompimda Kabupaten Malang di Gondanglegi (ist)

BACAMALANG.COM – Niat hati Bupati Malang, HM Sanusi untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 berbuah blunder.

Seperti kegiatan bagi-bagi paket bahan pokok dan masker di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Gondanglegi hari ini, Jumat (1/5/2020). Secara spontan kegiatan yang dipimpin Sanusi bersama Forkompimda Kabupaten Malang ini menciptakan kemacetan arus lalu lintas hingga kerumunan masyarakat.

Padahal, sejak awal pandemi penyakit ini berkembang, Sanusi juga sudah sering menggembar-gemborkan terkait jaga jarak dan tidak membuat perkumpulan atau kerumunan masyarakat. Dalam aksi sosial yang dilaksanakan Sanusi hari ini, nampaknya hal-hal tersebut telah diabaikan.

Sanusi pun berkelit bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan sosial tersebut sesuai aturan. Walaupun pada kenyataannya, masih terdapat kumpulan masyarakat.

“Aslinya sudah phsycal distancing, sudah kita lakukan. Jadi mereka mengalir saja. Sudah diantisipasi,” kata Sanusi, kepada wartawan usai aksi sosial itu.

Aksi sosial Bupati dan Forkompimda Kabupaten Malang yang menimbulkan kemacetan di Gondanglegi (ist)

Ditambahkan pria yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati ini, kerumunan masyarakat itu hanya terjadi saat dilakukan pembagian masker. Pada saat aksi sosial itu, Sanusi memang tampak memakaikan masker kepada beberapa pengguna jalan secara langsung.

Tidak hanya Sanusi, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, juga melakukan hal serupa.

“Yang jadi rame ini kan pembagian masker itu. Karena masih banyak masyarakat yang belum memahami betapa pentingnya masker ini, karena Covid-19 itu satu-satunya yang paling efektif harus pakai masker karena penyalurannya melalui droplet itu,” tandas Sanusi. (mid/yog)