KPU Larang Fasilitas Negara Digunakan untuk Kampanye

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang mewanti-wanti agar para calon Bupati dan Wakil Bupati Malang 2020 tidak menggunakan fasilitas negara saat melakukan kampanye nanti.

Meskipun belum ada calon yang ditetapkan dan tahapan kampanye masih lebih dari tiga bulan lagi, KPU Kabupaten Malang tetap berkewenangan memberikan peringatan.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini menerangkan bahwa larangan memanfaatkan fasilitas negara untuk kampanye telah diatur dalam PKPU Nomor 23 tahun 2018 Pasal 64 ayat 1.

“Disitu ditulis bahwa dalam melaksanakan kampanye, presiden dan wakil presiden, pejabat negara, dan pejabat daerah dilarang menggunakan fasilitas negara,” ungkap wanita berkacamata ini, Senin (2/3/2020).

Lebih detail Anis menjelaskan, fasilitas negara yang dimaksud antara lain seperti mobil dinas ataupun bangunan-bangunan milik pemerintah.

“Jadi kalau memilih kampanye, yang bersangkutan juga tidak boleh memakai mobil dinas atau apapun,” tegasnya.

Alumnus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini juga bilang, jika ada calon yang kedapatan melakukan pelanggaran, maka yang berhak memberikan sanksi adalah Bawaslu. (mid/yog)