Ada 6 Wilayah Zona Kuning, Ini Kiat Pemerintah Kecamatan Kepanjen

Sejumlah warga terjaring Operasi Yustisi di Desa Sengguruh Kepanjen (ist)

BACAMALANG.COM – Pemerintah Kecamatan Kepanjen berkomitmen mempertahankan 12 desa/kelurahan yang berstatus zona hijau di wilayahnya.

Camat Kepanjen, Abai Shaleh menuturkan, hingga saat ini tinggal 6 desa/kelurahan yang belum mentas dari zona kuning.

“Tinggal 6 desa/kelurahan yang masih zona kuning. Tapi itu aman. Harapan kami seperti Desa Sengguruh ini sudah dipertahankan mulai awal hingga detik ini masih zona hijau, yang lain harapannya ikut. Kita akan tangani bersama lewat posko Kampung Tangguh atau PPKM Mikro,” kata Abai Shaleh usai kegiatan Operasi Yustisi di Desa Sengguruh, Selasa (2/3/2021).

Menurut Abai, ada beberapa faktor yang menyebabkan keenam desa/kelurahan masih terjebak dalam zona kuning. Salah satunya terkait mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Penyebab pertama adalah yang kerja diluar. Banyak yang kerja diluar. Jadi itu yang tidak bisa kontrol karena itu masuk ada kontak erat, kita tracking ternyata positif,” ucap Abai.

Abai pun bilang, salah satu caranya mengentaskan keenam desa/kelurahan yang masih berstatus zona kuning adalag dengan mengintensifkan Operasi Yustisi. Melalui Operasi Yustisi diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup dengan penerapan protokol kesehatan lebih meningkat.

“Ini kami tetap melaksanakan sampai benar-benar masyarakat kita arahkan sampai ke potensi wilayah masingmasing,” Abai mengakhiri. (mid/zuk)