Sharing Pengalaman dan Jajaki Peluang Kerja, Ini yang Dilakukan Alumni FH Unair

Caption : Alumni FH Unair Gelar Webinar Daring. (ist)

BACAMALANG.COM – Dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19 diperkirakan akan berlangsung sampai beberapa tahun mendatang, akibatnya kesempatan kerja baru/lapangan kerja baru dalam kurun beberapa waktu mendatang masih akan sangat terbatas, sehingga persaingan untuk memasuki dunia kerja akan sangat ketat.

Menyadari dan beremphati terhadap hal itu, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UA) di Jabodetabek menyelenggarakan acara Alumni Berbagi pada tanggal 9 April 2021 nanti.

Acara yang digelar secara virtual dan gratis oleh Alumni FH UA Jabodetabek untuk Fresh Graduates dan Mahasiswa Semester VI ke atas tersebut akan menghadirkan alumni-alumni FH UA dari berbagai angkatan yang sukses merintis karir di bidang Human Resources / Human Capital ataupun di bidang In house Counsel di berbagai perusahaan Multi Nasional ternama.

“Kami sengaja menggalang potensi alumnus-alumnus FH UA yang memiliki karir yang hebat-hebat dan tidak kalah dibandingkan dengan alumni dari perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia, untuk peduli, berbagi, memberikan ilmu, pengalaman dan motivasi kepada adik-adiknya agar setidaknya bisa mengikuti jejak mereka, bahkan melebihi mereka-mereka,” kata Didik Sasono Setyadi, Ketua Alumni FH UA Jabodetabek, yang juga Kepala Divisi Formalitas merangkap Plt. Kepala Divisi Hukum dan sering menjadi Narasumber di berbagai seminar tentang Energi khususnya Energi Minyak dan Gas Bumi.

“Kegiatan ini dikomandani Saudara Dhanny Jauhar. Dia alumnus FH UA yang lama menjadi Managing Counsel Perusahaan Minyak dan Gas Bumi di Kuwait, jadi dia sangat paham bagaimana berkarir di perusahaan multi nasional, apalagi bila ditempatkan langsung di headquarter-nya di luar negeri,” tambah Didik.

Alumnus-alumnus yang sukses di karirnya dilibatkan menjadi narasumber:

Pertama, A. Nasir Maksum, saat ini menjabat sebagai GM Human Capital Astra Group yang pernah menempuh pendidikan di Jepang dan di National University di bidang Human Capital.

Kedua, Wiwik Wahyuni, saat ini sebagai Human Resources Director di PT Home Credit Indonesia, dan sebelumnya pernah berkarir di Lafarge Holcim di Zurich, Swiss, Holcim Indonesia, Campbell Arnotts Indonesia, Monsanto Companies, DuPont Indonesia dan lain-lain. Dia mendapatkan gelar MBA dari California State University, dan MM / MBA dari IPMI.

Ketiga, Bambang Sumitro, saat ini menjabat sebagai HR Director PT SGMW (Wuling Motor), sebelumnya menjabat sebagai HR Director Ford Indonesia dan juga HR Manager Mc Donalds Indonesia. Bambang pernah mengikuti HR Management Program di Mc Donalds Universiti di Illinois, Chicago, Amerika Serikat.

Keempat, Pramono Indroharto, sekarang sebagai Senior Consultant Legal Counsel PT Chevron Pacific Indonesia, pernah juga bekerja untuk Pertamina sebagai Advisor untuk Chief Legal Counsel & Complieance.

Pramono memperoleh gelar LL.M dari Washington College of Law, American University di Washington DC.
“Selain narasumber yang hebat, kami juga persembahkan moderator yang tak kalah hebat dan bahkan namanya sudah terkenal. Siapa yang tidak kenal dengan Marializia Hasni? seorang Jurnalis dan Presenter Metro TV yang sekarang sedang menempuh gelar Master of Public Administration di University of Birmingham dan sebagai penerima beasiswa Chevening. Yang sangat menarik dia nanti akan memandu acara ini langsung dari UK,” jelas Didik.

Untuk itulah Didik berpesan kepada para lulusan FH Unair dan Mahasiswa yang akan lulus untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Ini kesempatan yang luar biasa, yang di zaman saya kuliah atau setelah lulus dari Unair tidak pernah saya dapatkan. Acara Alumni Berbagi tanggal 9 April 2021 nanti ini barulah seri pertama, karena akan diikuti juga oleh sharing dari alumni yang sukses di profesi lain.
Misalnya yang jadi ASN, banyak yang duduk Eselon 1 dan 2 Pemerintahan meskipun masih muda-muda, ada juga yang sukses di profesi jurnalisme/media, belum lagi di bidang finance / keuangan. Pokoknya kami akan galang sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya potensi alumni yang ada agar berkontribusi buat kampus tercinta,” kata Didik.

Didik juga berterima kasih kepada Dekan FH UA. “Saya berterima kasih kepada Dekan Fakultas Hukum Unair atas kerjasama ini, semoga dosen dan civitas academica yang lainnya juga mendukung, karena perguruan tinggi harus paham bahwa ke depan persaingan alumni kita tidak lagi dengan sesama alumni dari kampus di Indonesia, tetapi juga dengan alumni kampus dari negara lain, khususnya negara tetangga. Pengalaman para alumni kita yang bereputasi internasional ini sangat penting bagi lulusan-lulusan FH UA di zaman sekarang dan masa depan,” pungkasnya. (*/had)