Danlanud Cek Kesiapan Prajurit Paskhas, Ada Apa?

Foto: Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat melakukan pengecekan kesiapan prajurit Yonko 464 Paskhas (ist)

BACAMALANG.COM – Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat, mewakili Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsda TNI Hendri Alfiandri melaksanakan pemeriksaan kesiapan prajurit Yonko 464 Paskhas Nanggala yang akan diberangkatkan ke Papua, dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan), Selasa, 2/6/2020.

Setidaknya sebanyak dua SSK prajurit Yonko 464 Paskhas Nanggala yang akan bertugas dalam Satgas Pamrahwan di Papua selama sembilan bulan. Mereka akan bertugas di beberapa pos di Bandara yang ada di Papua dengan mengaplos prajurit Paskhas dari Yonko 462 Paskhas Pulanggeni Pekanbaru, Riau

Dalam sambutan yang dibacakan Danlanud, Asops KASAU menyampaikan, bahwa pengiriman pasukan pengamanan itu terkait adanya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang mengganggu keamanan warga setempat.

“KKB berupaya terus-menerus mengacaukan berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk operasionalisasi dan keamanan bandara. Padahal dengan lingkungan alam yang berbukit, sarana transportasinya yang sesuai adalah pesawat terbang, sehingga guna menjamin keamanannya diperlukan prajurit TNI yang terlatih,” katanya, Selasa (2/6).

Dijelaskan, prajurit TNI yang tepat bertugas yakni prajurit TNI AU berkemampuan tempur darat atau Paskhas. Maka selama beberapa waktu kedepan, prajurit Paskhas telah di tugaskan Mabes TNI, guna pengamanan bandara di Papua.

“Sehingga secara periodik dan kontinyu penugasan tersebut dilaksanakan prajurit Paskhas non organik. Artinya yang bertugas merupakan prajurit Paskhas dari luar Papua selama beberapa bulan dan apabila telah selesai dilaksanakan aplos oleh prajurit Paskhas lainnya,“ kata Asops KASAU dalam sambutan yang dibacakan Danlanud Abdulrachman Saleh.

Kepada seluruh prajurit ditekankan empat hal seperti, melaksanakan tugas pokok dalam pengamanan bandara dengan profesional, menjaga nama baik TNI, TNI AU, Korpaskhas dan satuan, menjaga kondisi tubuh agar senantiasa sehat selama penugasan. Selain itu kepada Dansatgas agar senantiasa melaksanakan pengawasan dan pengendalian kepada anggotanya.

Selanjutnya Danlanud Abdulrachman Saleh beserta tamu undangan melakukan pemeriksaan kesiapan prajurit dan peralatannya yang digelar di Lapangan Sepak Bola Acep permana Yonko 464 Paskhas, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Depohar 30 Kolonel Tek Semri Bija, S.E., Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara, S.Sos.,M.A.P., pejabat Lanud Abdulrachman Saleh dan perwakilan pejabat Mako Korpaskhas, Danyonko 464 Paskhas serta Dandenmatra 2 Paskhas. (lis/red)