PPDB Online Bermasalah, Orang Tua Calon Siswa Geruduk Disdik Kota Malang

Foto: Orang Tua Calon Siswa Geruduk Kantor Disdik Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Puluhan orang tua calon siswa baru menggeruduk kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, Selasa (2/6/2020). Mereka melakukan protes kepada Dinas Pendidikan lantaran proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jalur zonasi yang dibuka sejak hari Selasa 2 Juni 2020 websitenya tidak dapat diakses dan bermasalah.

Suasana sempat memanas saat orang tua serta keluarga siswa tak juga mendapat penjelasan dari pihak Dinas Pendidikan Kota Malang.

Tanpa memperhatikan protokol kesehatan massa berkerumun di depan pagar gerbang Dinas Pendidikan Kota Malang bahkan antrian yang tak berjarak di depan gedung Dinas Pendidikan Kota Malang tak dapat terhindarkan.

Kedatangan orang tua siswa mengeluhkan tak bisa mengakses website PPDB bahkan hingga alamat rumah yang bergeser di titik GPS website. Kedatangan para orang tua itu hingga membawa berkas seperti kartu keluarga, akta kelahiran, KTP, hingga surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang untuk melakukan protes atas sistem yang bermasalah.

Salah seorang wali siswa bernama Nur Huda mengaku bahwa dirinya sengaja datang sejak pagi ke kantor Dinas Pendidikan Kota Malang untuk mengadukan permasalahan PPDB online yang dianggap bermasalah.

“Jadi titik rumah saya di website itu berubah, rumahnya di Dinoyo tapi titiknya di Buring otomatis kan tidak bisa mengakses sekolah yang dekat rumah”, katanya.

Dirinya sempat mendatangi sekolah yang dituju di SDN Dinoyo 2 dan SMPN 13, namun oleh pihak sekolah ditolak karena dianggap permasalahan teknis ditangani oleh Dinas Pendidikan.

“Tadi ke sekolah tapi katanya disuruh langsung ke sini,Kantor Dinas Pendidikan, karena berkaitan dengan server yang bermasalah. Sekolah tidak mau ikut campur tapi sesampainya di sini disuruh menunggu belum ada kejelasan”, ujar Nur Huda.

Pria yang tinggal di Kelurahan Dinoyo ini sempat mencoba mengakses pendaftaran di website PPDB sejak Selasa pagi, namun selalu gagal lantaran server website yang bermasalah.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Totok Kasiyanto yang menemui para orang tua siswa mengaku jika server dan sistem PPDB online telah berjalan lancar.

“Bapak ibu silakan langsung ke sekolah yang dituju masing-masing nanti di sana akan dibantu dilayani. Pak Walikota, Kadis, dan saya sudah perintahkan untuk layani”, ucap Totok dihadapan orang tua siswa. (lis /red)