UNPAB Gelar Sosialisasi Anti Korupsi

Foto: Webincang di UNPAB. (ilustrasi)

BACAMALANG.COM – Perguruan tinggi dinilai memiliki peran strategis dalam mendukung upaya pencegahan korupsi. Perguruan tinggi memiliki Sumber Daya Manusia yang memadai jika dioptimalkan dengan baik, akan berperan signifikan dalam pencegahan korupsi.

Upaya membersihkan Indonesia dari gurita korupsi diperlukan peran dari semua pihak, salah satunya adalah perguruan tinggi.

Edukasi Akademisi

Muncul ide agar budaya korupsi itu dihilangkan melalui kampanye dan edukasi lewat dunia pendidikan.

Sejarah menunjukkan, perguruan tinggi selalu menjadi simbol perlawanan, tanpa terkecuali terhadap kejahatan korupsi, meskipun perguruan tinggi tak luput dari jerat kejahatan korupsi.

Perguruan tinggi yang di dalamnya ada mahasiswa dan dosen merupakan perwujudan masyarakat sipil yang dapat menjadi lokomotif dan pelopor pemberantasan korupsi di negara ini.

Kontrol Sosial

Sebagai perwujudan masyarakat sipil, perguruan tinggi dapat menjadi gerakan penyeimbang dan kontrol terhadap lembaga penegak hukum dan aparat keamanan yang berwenang memberantas korupsi.

Kontrol tentu tidak bisa dimaksudkan sebagai upaya intervensi terhadap proses persidangan dan penyelidikan kasus korupsi yang sedang berlangsung.

Namun lebih kepada upaya untuk menyampaikan kritik, masukan, saran dan evaluasi terhadap proses pemberantasan korupsi yang dilakukan.

Untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas, maka Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) yang berada di bawah naungan Yayasan Prof. DR. H. Kadirun Yahya berinisiatif untuk membuat sebuah forum diskusi talkshow mengenai hal tersebut, dalam sebuah kegiatan Webincang UNPAB TV Talkshow Sosialisasi Gerakan Anti Korupsi di Sumatera Utara dengan tema Peran Perguruan Tinggi Dalam Pencegahan Korupsi.

Narasumber Kapabel

Kegiatan diskusi dalam format talk show ini menghadirkan narasumber-narasumber terkait pelaksana dan penentu kebijakan di Indonesia dan Provinsi Sumatera Utara dalam dunia pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Keynote Speaker : Ketua KPK RI, Pembicara : M. Santri Azhar Sinaga, SH. (Ketua Komite Advokasi Daerah), dan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. (Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Sumut).

Moderator : Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM. (Rektor UNPAB). Sambutan : H. Ivan Iskandar Batubara. (Ketua KADIN Sumut), dan H. Bahdin Nur Tanjung, SE., MM. (Ketua APTISI Sumut).

Dalam kegiatan ini, selain menghadirkan para narasumber tersebut, diundang pula para pimpinan, dosen dan mahasiswa PTN/PTS se-Sumatera Utara sebagai peserta diskusi.

MOU dan Duta Anti Korupsi

Dalam Webincang ini juga akan dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Komite Advokasi Daerah (KAD) dengan UNPAB dan Universitas HKBP Nommensen (UHN) serta antara UNPAB dan Universitas HKBP Nommensen.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan dilakukan pengukuhan duta anti korupsi yakni 2 mahasiswa dari UNPAB dan 2 mahasiswa dari Universitas HKBP Nommensen.

Acara ini akan disiarkan langsung (live streaming) di channel YouTube UNPAB TV dan di akun official UNPAB di Facebook dan Instagram. Live Streaming : bit.ly webincangunpabtvseri-05. (*/had)