Polres Batu Gelar Operasi Yustisi, Penegakan Disiplin Prokes

Foto: Sinergitas. Petugas Kepolisian bersama TNI, saat tengah melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan. (Eko)

BACAMALANG.COM – Polres Batu yang tergabung dalam Operasi Penegakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan bersama TNI, Satpol PP dan BPBD, menggelar kegiatan Operasi Yustisi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan secara masif, dengan menyasar beberapa pusat keramaian di Kota Batu, pada Rabu (2/12/2020).

Menurut Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH, bahwasanya ada dua kegiatan pokok yang dilakukan dalam giat operasi tersebut.

“Yaitu pergerakan personil secara mobile dan stasioner,” kata Catur sapaan akrab Kapolres Batu.

Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini menambahkan, pengawasan yang ketat bisa dilakukan oleh tim di titik-titik tempat keramaian, salah satunya dengan memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Hal ini dilakukan, agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan, serta pembagian masker. Semua harus bersinergi antara TNI, Polri dan Pemerintah untuk bersama-sama menjaga, serta mensosialisasikan kepada masyarakat, akan pentingnya menjaga Protokol Kesehatan. Selain itu, kesadaran masyarakat juga harus tetap dijaga dalam mematuhi Prokes,” tegasnya.

Dalam hal ini, lanjut Catur, dirinya juga menyadari bahwa ada korelasi antara operasi tindakan disiplin, dengan tingkat kepatuhan dari masyarakat.

“Semakin tinggi operasi disiplin, maka semakin tinggi pula tingkat kesadaran masyarakat untuk mentaati Protokol Kesehatan,” tukas dia.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak di Wilayah Jawa Timur, Polres Batu mengaku siap dalam melakukan pengamanan kegiatan tersebut.

“Yang mana ada 3 Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang, yang saat ini telah bergabung masuk wilayah Kota Batu yang meliputi Pujon, Ngantang dan Kasembon,” ungkapnya.

Untuk itu, masih kata Catur, seluruh personil juga harus siap melakukan diteksi dini untuk mengantisipasi terjadinya Kantibmas saat Pilkada berlangsung.

“Kami sudah menyiagakan seluruh personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim, khususnya di wilayah Kabupaten Malang, dan anggota sudah melakukan diteksi dini terhadap kerawanan Kantibmas, saat Pilkada berlangsung, karena mengingat Pilkada kali ini dilaksanakan dalam situasi Pandemi Covid-19,” urai dia.

Dirinya juga memberikan penekanan kepada seluruh anggota Polres Batu, bahwa Polri wajib netral dalam Pilkada serentak.

“Tetap laksanakan sinergitas antara TNI/Polri dan Pemerintah, serta penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu. Menjelang hari pencoblosan tanggal 9 Desember 2020, tim dari Reskrim bekerjasama dengan Humas akan lebih meningkatkan Patroli Cyber jelang Pilkada,” paparnya.

Tak lupa pula, bagi anggota Polres Batu yang akan melaksanakan PAM TPS, akan dilaksanakan rapid test terlebih dahulu.

“Ya, tujuannya untuk memastikan kesehatan bagi seluruh para personil Polri,” pungkas dia. (Eko)